Selenggara dan awasi Ujian, Kapolsek Selakau Berikan hadiah Al Quran Kepada Peserta Didik

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar. Selakau, Kamis 3/5/2018 tepat pukul 14.00 Wib Program Pemberantasan Buta Huruf di KeC. Selakau telah memasuki babak akhir, babak akhir yang dimaksud adalah ujian bagi peserta didik kelompok belajar bunga desa untuk menentukan apakah warga belajar masih buta atau sudah melek aksara.
Tampak puluhan ibu-ibu lansia kompak memadati 3 ruang kelas Sekolah Dasar Negri 4 Kec. Selakau Kab. Sambas.

Tampak peserta sudah duduk rapi dibangku yang sudah tersusun dengan foto peserta yang tertempel pada pintu masing-masing kelas dan meja yang terdapat diruang kelas yang sudah dipersiapkam panitia ujian. Selain itu juga pihak panitia dalam hal ini Kapolsek Selakau beserta anggota dan relawan pendidikan menyiapkan makanan ringan seadanya. Senyum manis dan raut wajah bahagia tersirat pada wajah peserta didik sebut saja bu Asada.

Saya sangat senang dan gembira akhirnya pembelajaran buta huruf yang sudah berjalan 6 bulan ini kami akhiri dengan ujian, doakan kami lulus dan mendapat sertifikat bebas buta aksara / huruf sehingga di bulan Oktober nanti kami bisa mengikuti, lulus dan lolos serta mendapatkan sertifikat Paket A tuturnya.

Ujian akhir tahap pertama kelompok belajar bunga desa bentukan Kapolsek Selakau siang ini dihadiri bapak Normansyah dari Dinas Pendidikan Kab. Sambas. Norman sangat mengapresiasi dan banyak mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Selakau, Danramil Selakau dan Ka Upt Dikbud Selakau serta para relawan peduli pendidikan atas terselenggaranya kegiatan pemberantasan buta huruf ini. Kami selaku pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan merasa terbantu atas peran serta /pengabdian bapak-bapak Polisi, TNI dan Relawan membantu memerangi kebodohan di masyarakat dan saya perhatikan pelaksanaan ujiian sangat rapi saya sangat terkesan ujar Norman.

Kapolsek Selakau Iptu Ronald Deny Napitupulu, S.H., M.H. selaku inisiatior dan pembentuk program pemberantasan buta huruf di Kec. Selakau merasa bangga atas semangat dan prestasi belajar para peserta didiknya. Saya yakin ibu-ibu ini dapat lulus semuanya, dari tidak kenal huruf dan angka bisa membaca, menulis dan berhitung tutur Ronald bangga.

Peserta ujian hari ini berjumlah 31 orang, 22 peserta dari kelompok belajar bunga desa dan 9 orang lagi datang dari Desa Twi Mentibar dan Bentunai asuhan ibu nurul.
Pengawas terdiri dari para tutor, relawan dari sekolah keperawatan Singkawang dan guru Sma negri selakau sdr. Priharyo

Dalam kesempatan itu pula Kapolsek Selakau memberikan perhatian kepada peserta didik berupa 14 buah kitab suci Al quran yang diserahkan kepada para peserta didik yang tidak pernah absen selama kegiatan belajar mengajar. Saat ditanya kenapa memberikan Al Quran bukan barang lainnya. Harapannya ibu-ibu tidak hanya dapat membaca menulis huruf latin jg bisa baca dan tulis arab ditambah lagi dalam waktu dekat kita memasuki bulan suci Ramadhan diharapkan ibu-ibu lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa dengan cara beribadah tutup Ronald.

Penulis : Rio
Editor : Alfian nunar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password