Ditreskrimsus Polda DIY Gagalkan Ribuan Bungkus Miras Oplosan Siap Edar

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Ditreskrimsus Polda DIY kembali menemukan pelaku pengoplos miras (lepen) dan pengedar miras di dua tempat yang berbeda. Tim yang dipimpin oleh Kompol Riyono ini menangkap laki-laki berinisial S (33) berperan sebagai pengedar miras dan laki-laki berinisial EP (58) berperan sebagai pengoplos miras, Kamis (3/5/2018). Keduanya warga Jogoyudan Jetis Yogyakarta.

Saat dikonfirmasi oleh juruwarta tribratanews, Kompol Riyono menyampaikan timnya mendapat informasi dari masyarakat dan langsung melakukan penyelidikan dan menemukan tersangka S di rumah warga Bangunjiwo Kasihan Bantul berinisial K (45) sedang memperdagangkan miras oplosan sebanyak 100 bungkus. Dari penangkapan tersebut dilakukan pengembangan bahwa miras oplosan tersebut didapat dari saudara EP.

“Saudara EP membuat campuran miras oplosan menggunakan bahan dari alkohol, susu kental manis, kopi mocca pasta, jamu encok kemudian dikemas dalam bungkusan plastik kemasan 200 ml,” jelasnya.

oplosanDari penggledahan di rumah EP tersebut, petugas menemukan barang bukti berupa ribuan bungkus miras oplosan yang siap edar, dan beberapa bahan miras oplosan yang belum dioplos. Selain mengglandang dua pelaku EP dan S, petugas juga membawa saudara K dan S (saksi) untuk dimintai keterangan. Oleh petugas, kedua pelaku dikenai pasal 106 UU RI Nomor 7 thn 2014 tentang perdagangan dan atau 140 atau 142 UU RI Nomor 18 thn 2018 tentang pangan jo pasal 50 Peraturan Daerah DIY Nomor 12 tahun 2015 tentang pengendalian dan pengawasan minuman beralkohol serta pelarangan minuman oplosan.

penulis : jay
editor : R Dwi Chandra
publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password