Peringati Hari Kebebasan Pers Internasional, AJI Pontianak Ajak Jurnalis Patuhi UU Pers

4DCD2BE4-A61E-4A6D-9221-EC6D8FE2CC5A

Tribratnews.polri.go.id, Polda Kalbar – Kamis (3/5/2018), Polresta Pontianak Kota dan Polsek Pontianak Selatan melaksanakan pengamanan aksi Unjuk rasa dari Aliansi Jurnalis Indpeneden (AJI) bertempat didepan Taman Digulist bundaran Untan Jalan Ahmad Yani.

Aksi Unjuk Rasa tersebut Massa berjumlah 30 orang dalam rangka memperingati Hari Kebebasan Pers Internasional dan Hari Buruh Internasional dengan tema Independen di Tahun Politik.

Dalam Aksi unjuk rasa tersebut Massa mengingatkan kepada seluruh jurnalis dalam pelaksanaN Pilkada serentak 2018 harus bersikap independen tidak terlibat politik praktis dan non partisan sebagaimana amanat UU pers nomor 40 tahun 1999 dan surat edaran Dewan pers nomor 01/SE-DP/2018 tentang posisi media dan imparsialitas jurnalis dalam pilkada serentak 2018 dan pemilu serentak 2019.

Aji Pontianak mengajak press terus berupaya menyajikan informasi akurat demi melawan berbagai kabar bohong alias hoax dengan demikian fakta kebenaran serta mengingatkan seluruh jurnalis tidak menjadikan media sosial menjadi Sarana penyebaran berita-berita hoax yang tak jelas ujung pangkalnya media harus membuat berita-berita hasil kerja jurnalistik yang profesional dan mematuhi kode etik jurnalis.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombespol Nanang Purnomo mengapresiasi kegiatan unjuk rasa tersebut sebagai sarana menghormati kerja jurnalistik sebagai profesi yang dilindungi undang-undang jika terdapat ketidakpuasan atau sengketa press diharapkan menggunakan jalur yang diatur undang-undang yaitu dewan pers.

Penulis : Chia
Editor : Alfian/ Nanang P

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password