Telusuri Unsur Pidana Kejahatan Siber di Bali, Polri Gandeng Polisi China

tribratanews.polri.go.id-BALI. Kepolisian Daerah (Polda) Bali berhasil meringkus 114 orang tersangka, terdiri dari 11 Warga Negara Indonesia dan 103 Warga Negara China, dalam perkara dugaan tindak pidana kejahatan siber.

Kepala Divisi Humas Polri (Kadiv Humas Polri), Irjen Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H., mengatakan, Polri tidak bisa langsung mempidanakan seluruh warga negara asing (WNA) asal China yang telah diringkus Polda Bali, karena kejahatan yang dilakukan WNA itu korbannya didominasi dari luar wilayah Indonesia.

“Kasus mereka ini kan bukan kasus kejahatan siber biasa, tetapi kasus kejahatan siber dunia jadi kami harus bekerja sama dengan Polisi di China. Para korban dari pelaku ini juga lebih banyak berasal dari luar Indonesia. Tapi kami bisa memproses kasus lainnya seperti kasus Imigrasi mereka,” jelas Kadiv Humas Polri.

Selanjutnya, Jenderal Bintang Dua tersebut menambahkan, Polisi hanya dapat memproses secara hukum terhadap para pelaku yang korbannya berasal dari Indonesia. Kepolisian sampai saat ini masih mendalami kasus tersebut dan terus mendeteksi siapa saja korban dari seluruh pelaku.

(fk/lm/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password