Begini Pola Pengamanan Polri Jelang Asian Games 2018

tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Sebanyak 36.000 personel Polri dan TNI akan dikerahkan dalam pengamanan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada Agustus 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang.

“Kami melibatkan 36.000 lebih anggota TNI dan Polri,” ujar Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D.

Kapolri mengatakan, ada tiga tahap besar dalam kegiatan Asian Games 2018, yakni test event pada Februari 2018 lalu dan pawai obror pada 18 Juli hingga 2 September 2018. Kemudian, ada pula tahapan inti, yakni penyelenggaraan Asian Games.

Sementara itu, saat pembukaan Asian Games setidaknya ada 26 kepala negara yang akan hadir di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Oleh karena itu, Untuk memberikan pengamanan kepada para kepala negara tersebut, Polri membagi tugas dengan TNI.

“Pengamanan di luar kepala negara jadi tanggung jawab kepolisian,” pungkas Kapolri.

Untuk mengoptimalisasi pengamanan, Polri akan membentuk pusat komando di Mabes Polri, bekerja sama pula dengan instansi-instansi terkait, termasuk Badan Intelijen Negara (BIN), TNI, Kementerian Perhubungan, dan sebagainya.

“Polri akan amankan upacara pembukaan, kontingen, official, pasang CCTV di semua medium, amankan pertandingan, wisma atlet, dan semua venue (lokasi) pertandingan, serta pengawalan berangkat dan pulang,” jelas orang nomor satu di institusi Polri ini.

(vi/lm/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password