MA Putuskan Terdakwa Kasus OTT Samarinda Oleh Bareskrim dan Polda Kaltim

tribratanews.polri.go.id – SAMARINDA. Tim Bareskrim Mabes Polri dan Polda Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terkait dugaan pungli (pungutan liar) di Terminal Pelabuhan Petikemas (Tpk) Palaran akhirnya menguji putusan Kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

Kasus OTT Koperasi Samudera Sejahtera (KOMURA) ini menjerat ketua dan sekretaris, inisial JAG dan DHW yang sebelumnya divonis bebas oleh PN Samarinda karena tak terbukti melakukan pemerasan dan pencucian yang dilakukan di Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran, Samarinda, Selasa (12/12/2017).

Namun kini, dalam surat putusan Mahkamah Agung mengabulkan kasasi dari kejaksaan penuntut umum dan membatalkan putusan pengadilan negeri Samarinda.

JAG dan DHW terbukti bersalah karena melakukan tindak pidana pemerasan secara bersama-sama dan berlanjut pencucian uang yang mereka lakukan beberapa kali.

JAG didakwa dengan pidana penjara 12 tahun dan denda Rp 2.500 miliar. Sedangkan DHW didakwa dengan pidana penjara 10 tahun dan denda Rp 2.500 miliar.

(img/lm/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password