Polda DIY Amankan 70 Pelaku Unjuk Rasa di Simpang Tiga UIN Yogyakrta

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Polda DIY menggelar Konferensi Pers Terkait Aksi Anarki Unjuk Rasa di Pos Polisi Simpang Tiga UIN. Dirreskrimum Polda DIY Kombes Pol Dr. Hadi Utomo, SH., M.Hum. bersama Kabid Humas AKBP Yuliyanto, S.IK., M.Sc. menyampaikan kepada awak media, Rabu 02/05/2018.

Dari aksi unjuk rasa hari buruh yang berlangsung di Jogja, secara keseluruhan berlangsung aman dan tertib. Tetapi aksi yang digelar sejumlah elemen di Simpang Tiga UIN berlangsung anarkis. Sekelompok orang yang mengatasnamakan elemen mahasiswa melakukan perusakan terhadap Pos Polisi Simpang Tiga UIN dan rambu lalu lintas, Selasa 01/05/2018. Isu dan Tema yang diangkat pada aksi di lokasi ini lebih kepada penolakan terhadap Bandara baru Jogja dan ditemukan ujaran kebencian dari aksi vandalisme yang dilakukan di pagar kampus UIN, papan reklame dan bus Trans Jogja.

Sempat terjadi kejar – kejaran antara warga masyarakat yang jengah melihat aksi anarkis tersebut. Bahkan lima orang pelaku aksi anarkis ditangkap masyarakat dan sempat dihajar oleh warga. Kemudian kelima pelaku tersebut diserahkan ke Polisi. Beruntung masyarakat dapat mengendalikan diri setelah mendapat arahan dari aparat di lapangan untuk tidak main hakim sendiri.

Kemudian Polisi melakukan penyisiran di sekitar kawasan Simpang Tiga UIN tersebut. Dari penyisiran ini berhasil diamankan sebanyak 70 orang, 10 orang di antaranya perempuan. Sampai berita ini diturunkan, 70 pelaku tersebut masih menjalani pemeriksaan di Mapolda DIY. Selain itu, petugas juga berhasil mengumpulkan barang bukti berupa puluhan botol berisi bensin, bom molotov, bendera tolak NYIA, kembang api, dan pentungan.

Dari hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan oleh Penyidik Ditreskrimum Polda DIY, didapati seorang pelaku aksi positif menggunakan narkoba. Pelaku yang menggunakan narkoba tersebut berinisial BV, 30 tahun, pendatang asal Manado.

penulis : M.Fajar
editor : R Dwi Chandra
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password