Kapolres Luwu Utara Ajak warga Luwu Utara bijak memilah berita agar tidak termakan oleh berita palsu ( HOAX )

Polda Sulsel , Polres Luwu Utara – Kapolres Luwu Utara AKBP Dhafi ,S.Ik , M.Si, mengungkapkan belakangan ini banyak media sosial yang menyajikan berita-berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Dimana berita seperti ini disebut sebagai berita palsu (hoax) dan biasanya cenderung provokatif. Karena itu diperlukan pemahaman yang lebih baik dari pembaca itu sendiri agar tidak termakan oleh berita palsu.

AKBP Dhafi Mengatakan, pada dasarnya penyebar berita hoax ini memiliki kemampuan grafis, dimana mereka bisa memberikan gambar-gambar, dan kata-kata yang kira-kira tidak sesuai dengan kebenarannya. Kemudian ada juga berita yang sengaja dibuat dengan judul dan isi berita yang berbeda.Senin (23/01/17)

Selain itu, ada juga yang melakukan dengan membuat beberapa akun yang pro dan kontra. Padahal sebenarnya itu satu orang dan sengaja membuat situasi jadi pro kontra untuk memancing netizen bergabung dalam diskusi akhirnya terbawa.

“Hal-hal seperti ini perlu kita antisipasi dan kita juga harus jeli melihatnya,” ujarnya

Dalam hal ini Kapolres Luwu Utara menyampaikan beberapa antisipasi yang dapat dilakukan. “Pertama tentu edukasi, kita tidak bisa mencegah perkembangan teknologi informasi. Tapi TI harus bisa kita kendalikan, dalam artian tidak terjebak dengan sisi negatifnya tetapi dari sisi positif yaitu dengan edukasi. Kalau kita memahami informasi diharapkan kita bisa memilah mana yang berita hoax dan mana yang tidak,” Ungkapnya.

Kapolres Luwu Utara Menghimbau kepada Masyarakat Luwu utara khususnya untuk tidak mudah mempercayai info palsu atau hoax yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.Tandasnya

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password