Menteri Susi Apresiasi Polri Atas Keberhasilan Penangkapan Kapal Pembawa Amonium Nitrat

tribratanews.polri.go.id – SULSEL. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan apresiasi atas keberhasilan penangkapan kapal KLM Motor Eka Putri oleh Tim Gabungan Polres Kepulauan Selayar dan Sat Polair di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Dalam operasi tersebut polisi berhasil mengamankan 2.400 karung atau sekitar 50 ton amonium nitrat yang diduga akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan bom ikan.

“Walaupun sebetulnya jumlah ini sangat kecil dibandingkan yang ada dan beredar setiap waktunya, tapi ini merupakan awal yang sangat luar biasa,” ujar Menteri Susi.

Amonium nitrat, sering digunakan oleh nelayan pelaku penangkapan ikan yang merusak (destructive fishing) untuk menangkap ikan karang. Setiap 250 gramnya memiliki daya rusak 5,3 m persegi.

“Bayangkan kalau 50 ton itu digunakan untuk meledakkan karang-karang seperti apa. Dan itu setiap waktu terjadi sekarang ini, bertahun-tahun. Tujuannya untuk menangkap ikan tetapi yang dihancurkan luar biasa. Ini sudah saatnya kita bersama-sama untuk memerangi,” sambungnya.

a

Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Syamsu Ridwan menuturkan, penangkapan tersebut bermula dari laporan warga bahwa akan ada amonium nitrat yang akan diselundupkan ke Kepulauan Selayar.

“Kami perintahkan tim khusus kami untuk melakukan penyelidikan di daerah Jampea. Kami berkomunikasi juga dengan pelaku dan berinteraksi dengan mereka, kita akan membeli sebanyak 700 karung. Pada saat transaksi baru kita sergap para pelaku,” jelasnya.

Dalam penangkapan kapal tersebut turut diamankan 10 pelaku berkewarganegaraan Indonesia yang terdiri dari kapten kapal, juru mesin, dan ABK. Semuanya merupakan warga Sulawesi Tenggara.

Selanjutnya seluruhnya pelaku dan barang bukti diamankan di Polres Kepulauan Selayar untuk dilakukan proses pemeriksaan dan pengembangan.

(vi/lm/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password