Jelang Pesta Demokrasi Pemilu 2019, Ditbinmas Polda DIY Gelar Lokakarya

lokakarya binmas

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, demi mewujudkan Yogyakarta yang damai dan tetap kondusif menjelang tahun pesta demokrasi, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda DIY menggelar lokakarya dengan tema “Keberadaan Media Sosial yang dipengaruhi berita hoax terhadap keberlangsungan Pemilu 2019” di Graha Sarina Vidi, Kamis (26/4/2018).

Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si yang hadir sekaligus membuka lokakarya ini di depan forum menyampaikan keberadaan media sosial (medsos) bagaikan pedang bermata dua. Menurutnya dinamika sosial atau situasi kamtibmas saat ini tidak lepas dari keberadaan media sosial.

“Ketika medsos menjadi viral, maka medsos bisa menjadi pedang bermata dua,” urainya.

Lebih lanjut Kapolda DIY menyampaikan di satu sisi postif, jaringan kekerabatan atau silahturahmi menjadi dekat dengan keberadaan media sosial. Namun di sisi lain ada hal negatif, dimana orang bisa bertengkar dengan adanya media sosial. Menghadapi pesta demokrasi Pemilu 2019, akan ramai dengan hiruk pikuk orang mencoba melakukan agitasi di dunia maya. Sehingga sangat tepat jika diadakannya lokakarya dengan mengangkat hoax sebagai topik penting.

“Kita sebagai masyarakat harus bijak menggunakan media sosial,” pesannya terhadap peserta lokakarya.

Acara resmi dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Kapolda DIY dan dilanjutkan pemaparan oleh Bapak Eko Indarto, M.Eng dari Pusat Kajian Informatika Sosial UGM dengan materi Cerdas dan Bijak dalam mengelola informasi, Bapak Dr. Nanang Indra Kurniawan dari Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM dengan judul materi Media Sosial di Tahun Politik dan Pembicara yang terakhir Kombes Pol. Drs. Gatot Agus Budi Utomo, Dirreskrimsus Polda DIY dengan materi Penegakan Hukum Undang-Undang ITE

. Kegiatan ini dimoderatori oleh Ibu Yasti Tako Mintardja dari Stasiun Televisi Indosiar dan SCTV Biro Yogyakarta.
Kegiatan lokakarya yang dihadiri sebanyak 320 peserta terdiri dari anggota Polri, Mitra Kamtibmas, Pemda, Akademisi, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan dan para pelajar di DIY. Lokakarya diakhiri dengan Deklarasi Anti Hoax yang dibaca oleh salah satu perwakilan peserta lokakarya dan ditirukan oleh selurih peserta.

penulis : Agung
editor : R Dwi Chandra
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password