Div Humas Polri Ajak Jurnalis dan Netizen Jawa Timur Bijak dan Bicara Baik di Dunia Siber

tribratanews.polri.go.id – Surabaya. Dalam rangka memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyakat (Kamtibmas) di dunia siber, Divisi Humas Polri menyelenggarakan Literasi Media bertajuk “Edukasi Bicara Baik dan Bijak Bermedia Sosial Guna Mewujudkan Kamtibmas Dunia Siber di Provinsi Jawa Timur” di Hotel Bumi, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (25/4/2018). Kegiatan Literasi Media tersebut dihadiri oleh pembicara dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) Dimas Aditya, Pakar Digital sekaligus pendiri Good News from Indonesia (GNFI) Akhyari Hananto, Kasubdit Cyber Crime Polda Jatim, serta Kepala Bagian Diseminasi Informasi Digital (Kabag Disindig) Biro Multimedia Divisi Humas Polri, AKBP Heru Yulianto, S.I.K.

Kegiatan diikuti oleh lebih dari 150 Jurnalis, komunitas media sosial, serta netizen yang berpengaruh di Jawa Timur. Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Humas Polda Jatim, yang diwakili oleh Kasubbid Penmas, AKBP Fadly Muzir Ismail. Kabag Disindig Biro Multimedia Divhumas Polri pada paparannya menyampaikan kiat-kiat dalam masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di media siber seperti mengajak untuk menyampaikan pesan positif, mencegah hoax, menghindari ujaran kebencian, hingga melaporkan akun-akun media sosial yang menyebarkan hoax dan ujaran kebencian. “Partisipasi aktif netizen dan jurnalis sangat diperlukan dalam menciptakan iklim yang kondusif di dunia siber,” jelasnya.

Salah satu perwakilan netizen menyampaikan apresiasinya kepada Divisi Humas Polri dalam menggalakan kegiatan anti hoax dan ujaran kebencian. Menurutnya ini adalah salah satu kegiatan kampanye anti hoaks dan ujaran kebencian yang sangat menarik dan interaktif dengan pembicara yang kompeten pada bidangnya masing-masing.

Bentuk nyata dari kegiatan ini juga dilaksanakannya lomba sosial media yang diikuti oleh peserta pada media sosial Facebook, Instagram, dan Twitter dengan hastag #JatimBicaraBaik. Peserta mengikuti lomba dengan melakukan posting tentang jalannya kegiatan serta ajakan bijak bermedia sosial kepada masyarakat Jatim. Pada akhir acara tiga peserta lomba terbaik mendapatkan hadiah dari penyelenggara. Selain itu, Divisi Humas Polri juga mengapresiasi para jurnalis dan netizen di Jawa Timur yang sudah membantu Polri dalam menciptakan Kamtibmas di Dunia Siber selama ini.

(er/sw/hy)

WhatsApp Image 2018-04-26 at 12.03.12 WhatsApp Image 2018-04-26 at 11.42.39

Admin Polri54164 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password