Dir Binmas Polda Bali Sebagai Narasumber Dalam Workshop Evaluasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali , Direktur Binmas Polda Bali Kombes Pol. Drs. I Gusti Putu Ngurah Gunawan menghadiri sekaligus memberikan materi dalam pelaksanaan Workshop Evaluasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes, bertempat di Gedung Gedung Bukti Mukti Bhakti Kantor Bupati Bangli, Senin 23/4. Yang juga dihadiri oleh Bupati Bangli, Kepala Desa Se-Kabupaten Bangli dan Peserta Workshop dari stakeholder terkait di Kab.Bangli.

Kegiatan  workshop tersebut diisi oleh tiga narasumber yaitu Komisi XI DPR RI, Kepala Sub Audit Auditorat BPK perwakilan Prov. Bali

dan Dir Binmas Polda Bali dengan mengambil tema Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa yang Partisipatif, Transparan, dan Akuntabel dengan Aplikasi Siskeudes.

Materi yang disampaikan dari anggota Komisi XI DPR RI, mengatakan bahwa pada intinya menjelaskan Sistim Keuangan, Pembangunan,  Pelaksanaan dan Pengawasan Pembangunan Desa berdasarkan UU No. 6 Tahun 2014. Dimana Keuangan Desa adalah semua hak dan kewajiban Desa yg dapat  dinilai dengan uang serta segala sesuatu berupa uang dan barang yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban Desa.

Dan materi kedua dari Kepala Sub Audit Auditorat BPK perwakilan Prov. Bali menyampaikan bahwa terkait tranparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana desa. Pada intinya dana Desa adalah dana yg bersumber dari APBN yang di peruntukkan bagi Desa yang di transfer melalui APBN Kabupaten/Kota yang gunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat di Desa.

Sedangkan materi terakhir dari Dir Binmas Polda Bali menyampaikan bahwa pembangunan merupakan suatu langkah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang mutlak dilaksanakn sesuai dengan perencanaan pembangunan secara nasional utamanya dalam hal pembangunan di Desa melalui kegiatan padat karya.  Proses pembangunan sangat di tentukan oleh rasa aman yang dapat di wujudkan oleh Polri dalam kapasitas perannya sebagai pelindung,  pengayom dan pelayan masyarakat serta penegakkan hukum. Selain itu, “Polri melalui peranannya akan mendukung pelaksanaan pembangunan tersebut melalui upaya Preemtif,  preventif dan represif.” Ucap Kombes Pol. Drs. I Gusti Putu Ngurah Gunawan

Selanjutnya, kegiatan Workshop Evaluasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes ini diakhiri dengan pemberian plakat kepada para Narasumber dan dilanjutkan dengan foto bersama dan ramah tamah.

Penulis : Agra Diatmika

Editor    : Swanjaya

Publish : Ngakan Candra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password