Mediasi Sengketa Tanah Oleh Kapolres Kayong Utara

Tribratanews.polri.go.id ,Polda Kalbar, Polres Kayong Utara, Berkat sinergi Pemda dan Polres Kayong Utara permasalahan sengketa lahan yg terjadi sejak tahun 2013 berhasil diselesaikan damai. bahwa pada Senin (23/04) sekitar pukul 09.00 wib s/d pukul 14.00 wib bertempat diruang rapat kantor Bupati Kayong utara telah berlangsung rapat fasilitasi mediasi antara Perwakilan masyarakat desa banyu abang dengan perusahaan PT. Kalimantan Agro pusaka dalam rangka penyelesaian sengketa lahan masyarakat desa banyu abang kec. Teluk batang dengan perusahaan PT. KAP yang sudah dibebaskan oleh masyarakat desa sei paduan kec. teluk batang yang sudah diferivikasi Team konflik sosial Pemda kku berjumlah 456 Surat keterangan Tanah ( SKT) dengan luas lahan 867 Ha.

Rapat dipimpin oleh Bupati kayong utara dihadiri H. Hildi Hamid yang didampingi oleh Kapolres kayong utara AKBP ARIEF KURNIAWAN, S.ik serta dihadir oleh seluruh tim penyelesaian Konflik masalah tanah dan juga perwakilan warga masyarakat dan dari pihak manajemen perusahaan.

IMG-20180423-WA0062

Adapun agenda pembahasan yakni pemaparan lokasi areal sengketa, Pembahasan keabsahan surat keterangan tanah yang dikeluarkan kades banyu abang tahun 2013 an. Najir oleh Tim.

Dengan diskusi dan pembahasan yang cukup panjang yang telah didahului dengan pertemuan2 sebelumnya baik di lapangan maupun rapat koordinasi akhirnya dicapai kesepakatan diantaranya Bahwa SKT yang disengketakan 867 ha berada didesa sei paduan , Bahwa SKT yang diterbitkan oleh kepala desa banyu abang yang ditanda tangani oleh Sdr. najir yang waktu itu selaku Kepala Desa diputuskan dicabut. Dan Bahwa dengan adanya penyelesaian masalah tersebut dari pihak perusahaan memberikan tali asih kepada masyarakat Desa banyu abang mempunyai SKT berjumlah 456 buah disepakati oleh pihak PT. Kap dengan pihak perwakilan masyarakat banyu abang dengan besarnya Rp. 500.000,- per SKT. Hasil kesepakatan dituangkan dalam suatu keputusan bersama.

Penulis : Bunga Ap

Editor : Nanang P

Publish : Bunga Ap

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password