Pekan ke-9 Festival Budaya Kapuas Hulu Tampilkan Kecamatan Semitau dan Seberuang

EE964290-A014-44E3-A1E6-1B92CB7D86F7

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Pekan ke-9 Festival Budaya Kapuas Hulu 2018 dibuka oleh Kompol Broto Sutopo yang dilaksanakan hari Sabtu malam (21/4/2018) sekira pukul 20.00 wib bertempat di Tribun Promoter Polres Kapuas Hulu.

Dalam sambutannya Kabag Ren Polres Kapuas Hulu Kompol Broto Sutopo yang mewakili Kapolres mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan yang telah hadir pada malam ini dan khususnya bagi Muspika dan Kapolsek Kecamatan Seberuang dan Semitau menjadi peserta.

Masih dalam sambutannya, Broto Sutopo mengatakan bahwa malam ini adalah kegiatan festival budaya di Kapuas Hulu, semua ini untuk mengembangkan dan meningkatkan budaya-budaya yang ada di Kapuas Hulu, agar budaya kita harus terus di eksplore. Terima kasih diucapkan kepada para Kapolsek yang terus membawa tim serta terus bekerja sama dengan para Muspika yang ada di Kec. masing-masing daerah, ucapnya.

Broto Sutopo juga menyampaikan, bahwa Festival Budaya ini adalah sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan masyarakat yang ada di Kab. Kapuas Hulu serta sebagai wujud untuk melestarikan budaya yang ada di Kab. Kapuas Hulu yang mana budaya tersebut mulai sirna oleh perkembangan zaman dan teknologi yang ada, sehingga generasi muda tidak terpengaruh dengan teknologi yang sekarang makin tambah pesat, dan para generasi muda tidak mudah melupakan budayanya yang ada, tambahnya.

Dalam Gelar Budaya ini Kecamatan Sejiram menampilkan tarian ” PERKELAHIAN 3 SAUDARA MEMPEREBUTKAN DAYANG KUMANG ”
Tarian ini menceritakan tentang perkelahian antara 3 saudara yaitu Bantan, Unang, dan Babar, dikerenakan memperebutkan satu diantara 7 dayang yaitu dayang Kumang.

Kecamatan Semitau menampilkan tarian “NGUNDAS PADI” Tari ini menceritakan tentang para wanita dayak, khususnya dayak suku suhaid. Dalam tarian ini, para wanita dayak suku suhaid memisahkan buah padi dari batangnya, dengan cara di Undas (di injak menggunakan kaki).

Penulis : @murs86
Editor : Alfian N/Nanang Purnomo
Publish :

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password