Jelang Putusan Mahkamah Agung, Polda Sulsel Gelar Apel Kesiapan Pengamanan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono memimpin apel kesiapan pengamanan di Fly Over, Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Ahad (22/04/18). Apel kesiapan ini digelar dalam rangka menunggu hasil kasasi yang dilakukan KPU terhadap gugatan salah satu pasangan calon Walikota Makassar ke Mahkamah Agung.

Mengawali apel kesiapan pengamanan, Kapolda Sulsel memimpin doa bersama demi kelancaran pengamanan.

Kapolda Sulsel dalam apel kesiapan menjelaskan, ada tiga kotak yang harus kita pedomani dalam pengamanan tersebut yaitu yang pertama kita tidak boleh meremehkan masalah, kedua kita lakukan kesiapan dan pelaksanaan secara optimal dari mulai perencanaan latihan seperti TFG dan termasuk apel pagi ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan ketiga kita berserah diri kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

“Tugas kita bagaimana menjamin keamanan dan kelancaran sehingga pilkada ini berjalan dengan baik, aman dan kondusif tanpa ada gangguan,” ujar Irjen Pol Umar Septono.

Kapolda Sulsel juga menjelaskan kita tidak memiliki kepentingan apapun dalam pilkada ini, kita hanya mempunyai tugas untuk menjaga dan mengamankan pilkada ini.

“Netralitas adalah harga mati bagi TNI Polri. Siapa yang tidak netral kita tindak tegas”, Tegas Umar.

Kapolda Sulsel menambahkan jangan ada tindakan perorangan di luar perintah komandan masing-masing, jangan ada benturan antara pihak keamanan dan masyarakat.

“Tidak ada yang melakukan tindakan kekerasan, kita menjaga dengan kondusif tanpa ada tindakan persuasif”, terang Kapolda Sulsel.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Irwan Anwar, S. H, M. Hum juga menambahkan lakukan semua dengan ikhlas karena kita bertugas juga beribadah, kita beribadah juga kita bertugas dan mengedepankan sifat humanis dan tidak menggunakan senjata api.

“Kita siagakan pasukan di titik-titik rawan untuk melakukan pencegahan, jangan sampai ada kejadian yang tidak mestinya sehingga mengganggu ketenteraman di tengah masyarakat,” jelas Irwan Anwar.

Ditempat yang sama, Dansat Brimob Kombes Pol Drs. Adeni Muhan, M. M juga menambahkan tidak ada gesekan antara petugas keamanan dan masyarakat dengan tetap mempedomani aturan-aturan yang diberikan oleh perwira penanggungg jawab masing-masing titik.

Wakapolrestabes Makassar Akbp C. F Hotman Sirait, S. Ik menjelaskan personil kita kerahkan diberbagai titik, pertama pengawasan lapangan dan lainnya ditempatkan stand by di kantor-kantor pemerintahan, Kodim, Polrestabes, KPU, posko pemenangan, kediaman pasangan calon, dan objek vital lainnya tak luput dari penjagaan ketat aparat. (Humas Polrestabes Makassar)

Penulis : Qadri

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password