Aksi Peduli, Kapolres Jeneponto Beri Bantuan Pembangunan Mesjid di Desa Bonto Ujung

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolres Jeneponto, AKBP Hery Susanto kembali menunjukan aksi pedulinya dengan menyerahkan bantuan untuk pembangunan Mesjid Nurul Iman Kp Ujung Timur Desa Bonto Ujung Kec Tarowang Kab Jeneponto berupa 12 (dua belas) Kubik Pasir, Sabtu (21/04/18).

Kapolres didampingi Kapolsek Batang AKP Amir,  Kbo Sat Binmas IPTU Adam, SH, Kepala Desa Bonto Ujung Sarro Rimbu, Bhabinkamtibmas Desa Bonto Ujung BRIPKA Sumarling dan Ketua Pembangunan Mesjid Nurul Iman Ustadz Mustakim, Kapolres Jeneponto memberikan bantuan berupa 12 (dua belas) Kubik pasir untuk pembangunan Mesjid Nurul Iman.

Awalnya Bapak Kapolres menerima proposal bantuan pembangunan Mesjid Nurul Iman Kp Ujung Timur Desa Bonto Ujung Kec Tarowang Kab Jeneponto yang di tanda tangani oleh Ustadz Mistakim selaku ketua Panitia dan diketahui oleh Kepala Desa Bonto ujung Sarro Rimbu.

Pada kesempatan ini Kapolres setelah memberikan bantuan,  mengatakan ” bahwa selain kegiatan bakti sosial membantu pembangunan masjid, Ini juga bagian dari upaya memakmurkan masjid sesuai dengan program Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono,” tegas Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menambahkan sedikit bantuan pembangunan masjid Mesjid Nurul Iman dari Polres Jeneponto, semoga bermanfaat dan menambah semangat warga untuk gotong royong bembangun masjid.

Harapannya pembangunan masjid tersebut dapat menjadikan Kp Ujung Timur Desa Bonto Ujung Kec Tarowang, bisa menjadi wilayah yang rahmatan lil alamin “Desa Bonto Ujung sebagai desa yang agamis, masyarakatnya cinta syiar Islam sehingga Islam betul-betul rahmatan lil alamin, dan banyak lagi orang yang turut membantu dalam pembangunan mesjid tersebut,” tegas AKBP Hery Susanto.

Kapolres menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan pengurus masjid. Pembangunan masjid ini, katanya, merupakan gerakan yang luar biasa untuk memakmurkan masjid.

Pemerintah, pengurus masjid Nurul Iman dan masyarakat mengapresiasi kegiatan ini, serta berterima kasih kepada bapak Kapolres Jeneponto atas bantuan tersebut.

“Alhamdulillah, bantuan Bapak Kapolres Jeneponto sangat membantu mempercepat pelaksanaan pembangunan Masjid agar bisa cepat rampung pengerjaanya,” katanya. (Humas Polres Jeneponto)

Membangun Mesjid memiliki banyak keutamaan, diantaranya adalah dibangunkan rumah di Surga, dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Mafhash qathaah dalam hadits artinya lubang yang dipakai burung menaruh telurnya dan menderum di tempat tesebut. Dan qathah adalah sejenis burung.

Ibnu Hajar dalam Al-Fath (1: 545) menyatakan,

“Maksud dari “siapa yang membangun masjid” digunakan isim nakirah yang menunjukkan keumuman, sehingga maksud hadits adalah siapa yang membangun masjid besar maupun kecil. Dalam riwayat Anas yang dikeluarkan oleh Tirmidzi yang mendukung yang menyatakan dengan masjid kecil atau besar.”

Masih melanjutkan penjelasan Ibnu Hajar, yang diterangkan dalam hadits di atas adalah cuma bahasa hiperbolis. Karena tak mungkin tempat burung menaruh telur dan menderum yang seukuran itu dijadikan tempat shalat. Ada riwayat Jabir semakin memperkuat hal ini.

Sebagian ulama lainnya menafsirkan hadits tersebut secara tekstual. Maksudnya, siapa membangun masjid dengan menambah bagian kecil saja yang dibutuhkan, tambahan tersebut seukuran tempat burung bertelur; atau bisa jadi caranya, para jama’ah bekerja sama untuk membangun masjid dan setiap orang punya bagian kecil seukuran tempat burung bertelur; ini semua masuk dalam istilah membangun masjid. Karena bentuk akhirnya adalah suatu masjid dalam benak kita, yaitu tempat untuk kita shalat.

Berarti penjelasan Ibnu Hajar di atas menunjukkan bahwa jika ada yang menyumbang satu sak semen saja atau bahkan menyumbang satu bata saja, sudah mendapatkan pahala untuk membangun masjid.

 

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password