Polri Berduka, Wakapolres Labuhanbatu Gugur Akibat Kapal Boat Tenggelam di Perairan Berombang Sumut

IMG_20180422_112855

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumut, Wakapolres Labuhanbatu, Kompol Andi Chandra, akhirnya ditemukan setelah insiden tenggelamnya Kapal Boat Polair Polres Labuhanbatu di Sungai Berombang, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, Sabtu (21/4/2018).

“Sekitar pukul 10.00 Wib telah ditemukan Wakapolres Labuhan Batu Kompol Andi Chandra dalam keadaan meninggal dunia,” kata Kombes Pol Rina Sari Ginting, Kabid Humas Polda Sumut, Minggu (22/4).

Jenazah Kompol Andi Chandra ditemukan setelah pencarian terhadap perwira itu dilanjutkan kembali mulai sekitar pukul 07.30 WIB. Tim gabungan Polri, TNI, BPBD, bersama nelayan kembali menyisir sekitar TKP tenggelamnya speedboat Polair .
Korban ditemukan dalam keadaan telah meninggal dunia saat dilakukan evakuasi penyelamatan oleh petugas. IMG-20180422-WA0032-01

KapolresLabuhanbatu AKBP Frido Situmorang ikut melakukan evakuasi terhadap jenazah Wakapolres yang ditemukan pada Minggu pagi setelah dilakukan pencarian maksimal di perairan tersebut.

“Korban Kompol Andi gugur saat melakukan tugas diduga akibat tenggelam paska tenggelamnya kapal boat yang membawa rombongan,” jelas Kabid Humas.

Rombongan didalam kapal boat yang tenggelam tersebut antara lain Kapolres dan Wakapolres, Kabag Sumda, Kasat Lantas, Kasat Sabhara, Kasat Intelkam,  Kasi Propam, Kasat Polair, Ajudan Kapolres termasuk  1 orang ABK dan 1 orang PNS yang seluruhnya berjumlah 11 orang.

Kabid Humas mengatakan Rombongan baru kembali dari menghadiri sambang patroli sekaligus kunjungan kerja ke Pos Polair yang baru selesai dibangun di Kelurahan Seiberombang, Kecamatan Panaihilir.
Menurut keterangan Kabid Humas, usai melaksanakan kegiatan tersebut, kapal yang diketahui milik Polisi Air (Polair) itu sebelumnya hendak kembali dan membawa rombongan dari kawasan Berombang menuju Tanjung Sarang Elang.

“Waktu mau kembali ke Sarang elang, baru berjalan kurang lebih 10 menit speed boat diperkirakan menabrak tunggul kayu dan mengalami kebocoran sehingga kapal tidak bisa diselamatkan,” kata Kombes Rina.
Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang beserta 9 orang penumpang lainnya yang turut berada di kapal itu berhasil diselamatkan. Sementara Wakapolres Labuhanbatu Kompol Andi Chandra diduga tidak dapat menyelamatkan diri dan ikut tenggelam bersama Kapal Boat tersebut.

Beberapa perahu lain yang berada di sekitar lokasi kejadian langsung memberikan bantuan sehingga  AKBP Frido Situmorang dan sembilan personel Polri dan PNS lainnya bisa diselamatkan.
Kini jenazah disemayamkan dan Polri telah menghubungi pihak keluarga dari almarhum Kompol Andi Chandra untuk dilakukan penghormatan terakhir dan pemakaman secara tradisi Kepolisian.

Korban merupakan alumnus Akpol Tahun 2003 dan pertama bertugas sebagai perwira pertama di Polda Riau. Almarhum kerapkali dipercaya pimpinan untuk bertugas di Lembaga Pendidikan Kepolisian. Jabatan terakhirnya sebelum lulus pendidikan Sespimmen 2017 dan menjabat Wakapolres adalah bertugas di bagian Akademik Akpol.

“Polda Sumut berduka atas kehilangan salah satu putra terbaiknya yang menjabat sebagai Wakapolres Labuhanbatu. Semoga Almarhum diterima disisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” ungkap Kombes Rina penuh duka.

Rc/Al/Dw

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password