Apel 4 Pilar Kapolda Sulbar Bersama Pemuka Agama dan Aparatur Daerah Mateng

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Dalam rangka mendukung percepatan pembangunan Desa di Provinsi Sulbar, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat bersama Kapolres Mamuju, Kasrem 142 Tatag, Bupati Mateng, Kakanwil Prov. Sulbar, Sekertaris Mateng, Ketua Mui Kab. Mateng, Ketua FKUB kab. Mateng, Para Kepala Madrasa yg berada di kabupaten mateng, Para Kepalah Penyulu Agama Kab. Mateng, menggelar Kegiatan Sapa dan Salam tebarkan Kedamaian dalam bingkai Lalla Tassisara yg biasa di sebut dengan Apel 4 Pilar sebagai komitmen dalam mengawal pemerataan pembangunan desa di Kab. Mateng. Jum,at 20-04-2018 pukul 14:00 wita.

Adapun 4 Pilar yang dimaksud adalah Bhabinkamtibmas, Kepala Desa, Babinsa dan Penyuluh Agama (Da’I Kamtibmas) tentang “Optimalisasi kerjasama dalam mendukung percepatan pembangunan desa di wilayah Hukum Polda Sulawesi Barat”.

Kegiatan tersebut digelar di Pendopo Rujab Bupati Mamuju tengah.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut diawali dengan pengucapan Nilai budaya kerja, Kementian Keagamaan Republik indonesia dan dilanjut Laporan Ketua Panitia dan dilanjutkan dengan sambutan Kakanwil Prov. Sulbar serta pembekalan dari Kapolda Sulbar, Kasrem 142 tatag, Kapolres Mamuju, dan Bupati Mamuju.

Kapolda Sulbar dalam kesempatannya menyebutkan bahwa Dana Desa merupakan dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara yang diperuntukan bagi desa yang digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan kemasyarakatan.

Harapannya melalui dana desa ini, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengatasi pembangunan yang tidak merata di desa-desa yang ada di Indonesia. Dengan demikian desa memiliki kesempatan untuk membangun dalam rangka mensejahterahkan warganya.

Dalam pembekalan yg disampaikan bupati Mateng beliau menyampaikan bahwa perlu ada komitmen bersama dan pengawasan intensif dari pemangku kepentingan dalam rangka membangun akuntabilitas pengelolaan keterangan desa khususnya terkait dana desa, agar kepala desa beserta perangkatnya dapat mengelola keuangan secara akuntabel. Tutur Bupati

Sedangkan Kasrem menyampaikan bahwa penganalisaan terkait Keamanan Kamtibmas di wilayah Sulawesi barat semenjak Polda Sulbar berdiri keamanan semakin meningkat, “terbukti saat ada acara ibadah kebesaran contoh natal, ibadah Greja, Lebaran dan lain-lain masyarakat merasa aman dan nyaman atas kekompakan aparatur negara dalam sinergitas menjaga keamanan.

Diakhir Acara Sebagai Kesimpulan Pentingnya pemuda pemudi Indonesia berkomitmen untuk menjaga keutuhan NKRI serta tidak terpengaruh dari gesekan gesekan yang akan merusak Bangsa Indonesia.

Seragam jiwa raga, hati nurani itulah Prinsip Toleransi antar ummat Agama yang bermartabat dan benar, bangsa yang mempungai Nasionalisme yang tinggu bilamana tidak terpengaruh dengan budaya barat.

Jangan pernah takut melawan kemurkaan yang akan dan telah merusak Pancasila, andalah semua yang harus berada didepan, andalah yang bisa membela dan menolong generasi muda kedepan, dengan ini perlunya Sinergitas Masyarakat bersama Aparatur Daerah.

Dalam kegiatan ini peserta yang hadir dari benerapa kalangan termasuk tokoh agama, tokoh Masyarakat, Tokoh adat serta para pemuka agama yg berada di kab, mateng yang jumlahnya kurang lebih 200 orang.

Penulis : Humas Polda Sulbar

Editor   : Alfian

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password