Tomohon Kini Miliki Mal Pelayanan Publik, Diresmikan Dua Menteri

mal yan publik

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Mal Pelayanan Publik (MPP) Wale Kabasaran Kota Tomohon diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Yasonna Laoly, Sabtu (21/04/2018), siang.

Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman dalam laporannya menerangkan, MPP ini memiliki 233 jenis layanan perizinan maupun non-perizinan. Untuk saat ini, layanan lain yang sudah tergabung, di antaranya imigrasi, pajak, kepolisian, Bank Sulutgo, Samsat, PDAM, BNI, Pos, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dan Dinas Tenaga Kerja.

Inovasi pelayanan terintegrasi ini, kata Walikota, bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat masyarakat dalam mengurus administrasi perizinan maupun non-perizinan. “Dengan diresmikannya MPP, warga Tomohon tidak sulit lagi untuk mengurus administrasi, karena tempat pengurusannya sudah satu atap,” ujarnya.

Peresmian MPP ditandai dengan penekanan tombol pembuka selubung papan nama dan penandatanganan prasasti, oleh kedua menteri didampingi Asisten I Pemprov Sulut, Edison Humiang, Walikota Tomohon, Wakil Walikota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan, Kapolda Sulut, Irjen Pol Bambang Waskito dan Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Madsuni.

Menteri PANRB dalam sambutannya, mengapresiasi Pemerintah Kota Tomohon yang telah mendirikan MPP ini. Dikatakan menteri, pembentukan MPP terinspirasi dari Program Pemerintah, Nawacita. “Enam diantaranya berkaitan erat dengan pelayanan publik, sebagai wujud hadirnya negara di tengah-tengah masyarakat,” kata Menteri PANRB.

Sementara itu Menteri Hukum dan HAM menyatakan, pihaknya akan selalu mendukung perbaikan kualitas pelayanan publik. “Melalui pembangunan MPP diberbagai daerah di Indonesia, Kementerian Hukum dan HAM selalu siap hadir dan turut berpartisipasi memberikan pelayanan dalam MPP,” tuturnya.

Turut hadir dalam peresmian, di antaranya para pejabat Kementerian PANRB dan Kementerian Hukum dan HAM, Forkopimda Sulut, Forkopimda Tomohon beserta ASN, pejabat TNI-Polri, masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Usai peresmian, dilanjutkan peninjauan ruangan dan proses pelayanan administrasi oleh menteri dan para hadirin. MPP ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, di antaranya comand center, ruang baca, ruang bermain anak, ruang menyusui, ATM dan kantin.

Penulis: Rony
Editor: Raden Chandra
Publish: Pri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password