Dialog dan Silaturahmi Keagamaan di Masjid Polres Majene

photo_2018-04-18_21-02-46

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, “Menyikapi perkembangan teknologi atau maraknya berita Hoax di media sosial dan situasi kamtibmas menjelang pesta demokrasi ( Pileg dan Pilpres 2019 )” menjadi tema pada kegiatan Dialog dan silaturahmi keagamaan yang digelar oleh Polres Majene.

Kegiatan yang digelar di Masjid Nurul Ikhlas Polres Majene tersebut, dihadiri oleh para tokoh agama Islam majene dan seluruh personil polres majene, Kamis (19/4/18).

Dalam pelaksanaannya, kegiatan diawali pengantar materi oleh Kapolres Majene, Alhamdulillah kami personil Polres Majene sangat bahagia atas kehadiran guru guru kita, Para Ulama yang menyempatkan hadir.

Maksud dan tujuan mengundang para guru,  kami dari aparat kepolisian merasa risau karena banyak pekerjaan kami yang sia-sia yang sebetulnya tidak terlalu penting karena mengurusi rasa permusuhan yang di timbulkan medsos, jadi adanya teknologi informasi ada dampak positif dan dampak Negatif.

Contoh kecil adanya permusuhan dan kebencian yang di timbulkan berita dari medsos yang menyinggung satu sama lain yang saling mencari kesalahan masing masing. Disamping itu, situasi kamtibmas masyarakat majene menjelang Pesta demokrasi banyak saudara-saudara kita yang mudah sekali membuat fitnah dan saling menjatuhkan.

Baik di dunia televisi dan internet. Apa tanggapan Para Guru terkait Kejadian tersebut? agar kami juga menedapatkan solusi yang terbaik agar bisa membuat Majene menjadi lebih baik dari solusi yang di beri oleh Para Guru Para Ulama Para Kiai, Tanya Kapolres.

Adapun Tanggapan dan jawaban para tokoh agama islam yang hadir yaitu :

Ketua MUI Sulbar DR. KH. Nur Husain, BA, jangan kita menganggap sesuatu yang aman, anggap tidak aman supaya kita mesti tetap waspada, salah satu yang bisa mengacau kita adalah komentar komentar miring di Medsos. untuk itu, kita mesti tabayyun di setiap menemuka Informasi untuk mencegah adanya kebencian-kebencian diantara Kita Bersaudara.

Ada hal-hal yang perlu kita sikapi kalau kita berbuat aktivitas seperti Ceramah dan sebagainya kita harus menyadari bahwa kita di Bawah Nanungan NKRI, jika ada hal yang hendak di sampaikan pikir pikir dulu, supaya mempersatukan dan memperkokoh  ummat yang ada di naungan NKRI dapat terwujud, salah satu solusi yang dapat kita lakukan adalah  , dan salah satu solusi ya, sholat Istiharah untuk menemukan perunjuk dari Allah Subuhanahu Wataalah.

Lain halnya dengan tanggapan Ketua MUI Kab Majene , menurutnya berita Hoax berarti fitnah yang menceritakan kejelekan sesama dan menimbulkan kebencian dan kerisauan, sudah jelas sangat bertentangan dengan Agama.

Memang dalam Al’quran di larang saling caci-mencaci, kalau ada berita di klarifikasi dulu. begitu juga menghadapi pesta demokrasi calon pemimpin yang bersaing secara tidak sehat dengan saling mencari kelemahan itu juga menurut Alquran sangat tidak baik, Tuturnya.

Sementara itu, yang mewakili Kepala Kementrian Agama Kab. Majene, mengatakan bagaimana tokoh agama selaku sosialisator bisa memposisikan diri di tengah masyarakat untuk menyampaikan pencerahan bahwa yang kita sampaikan itu, itulah yang benar untuk menciptakan kedamaian. selain itu, sudah banyak resep dari para da’i bahwa ketika menerima Informasi itu harus di Kroscek yang sedalam dalamnya, Imbuhnya.

Dari tuju tokoh agama islam yang juga memberikan tanggapan dan solusi menyikapi berita hoax serta mengawal pesta demokrasi agar berjalan aman dan lancar pada dasarnya siap mendukung Polres Majene demi menjaga kondutifitas kamtibmas.

Kapolres Majene AKBP Asri Effendy, SIK mendengar pencerahan dan masukan dari para guru dan tokoh agama islam di majene mengaku sangat berbahagia mendapatkan banyak sasukan dari guru guru, para Alaim Ulama. Hal ini tentu akan memberikan Ide-ide kepada kami untuk melaksanakan Program program kepolisian dalam melayani masyarakat.

“sekali lagi terimakasih banyak atas kehadiran para guru dan ulama yang telah menyempatkan diri dalam memberikan sara dan masukan untuk pelaksanaan tugas yang lebih baik”, Pungkasnya.

Penulis : Humas Polda Sulbar

Editor   : Alfian

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password