Kampanye Pungutan Liar, Satbinmas Polres Selayar Sambangi Kementerian Agama Kepulauan Selayar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kehadiran Satuan Binmas adalah wujud nyata pelaksanaan tugas Polri selaku Pengayom Masyarakat. Langkah Preventif persuasif dilakukan sebelum terjadi tindak pidana yang kemudian membutuhkan penegakan hukum. “Lebih baik mencegah daripada mengobati”.

Hal inilah yang menjadi filosofi pelaksanaan tugas Sat Binmas Polres Kepulauan Selayar,  untuk terus melakukan bimbingan kepada Masyarakat. Hal ini dapat dilihat pada kegiatan Sat Binmas yang berlangsung hari ini Rabu (18/4/18) di Kantor Kementerian Agama Kepulauan Selayar.

Dipimpin oleh Kasat Binmas PolresKepulauan Selayar AKP. H. Ismail Samad bersama KBO dan Staf Sat Binmas melaksanakan sosialisasi / kampanye Saber Pungli.

Pada Kesempatan tersebut, Kasat Binmas melakukan langkah awal berkomunikasi dengan Kepala Tata Usaha sdr. Firman S.Ag untuk tidak melakukan/tidak berbuat dan menjauhi praktek koruptif serta senantiasa mengingatkn bawahan untuk tidak main-main dengan anggaran.

Sosialisasi juga dilakukan dengan foto bersama dengan spanduk stop pungli, sebagai pernyataan sikap untuk menolak dan melawan Praktek Pungli di Kabupaten Kepulauan Selayar. (Humas Polres Selayar)

Satgas Saber Pungli ini dibentuk tahun lalu, Menko Polhukam Wiranto mengumumkan pembentukan Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar, yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016.

Dalam melaksanakan tugasnya Saber Pungli berada di bawah koordinasi Menko Polhukam.

Dalam Perpres itu, Satgas Saber Pungli bertugas untuk memberantas praktik pungutan liar secara efektif dan efisien.

Caranya, dengan mengoptimalkan pemanfaatan personel, satuan kerja dan sarana prasarana, baik yang berada di kementerian/lembaga atau pemerintah daerah.

Satgas itu memiliki empat fungsi, yakni intelijen, pencegahan dan sosialisasi, penindakan, serta yustisi.

Selain itu, satgas Saber Pungli juga berwenang melakukan operasi tangkap tangan sebagaimana diatur dalam Pasal 4 huruf d.

Keseriusan Pemerintah memberantas pungli terlihat dari pernyataan yang pernah dilontarkan oleh Wiranto.

Dia mengatakan, Saber Pungli tidak hanya menyasar para pelaku di kementerian/lembaga pemerintahan. Menurut dia, satgas tersebut juga akan membersihkan pungli yang dilakukan oleh calo, preman dan organisasi kemasyarakatan.

Setelah terbentuk, satgas Saber Pungli akan memetakan daerah mana saja yang dinilai rawan pungli, serta pelaku lapangan hingga di tingkat kementerian/lembaga pemerintah.

Wiranto menuturkan, saat ini praktik pungli juga menjadi beban bagi masyarakat kecil yang berpenghasilan rendah. Dia mencontohkan, supir-supir truk di daerah terbebani dengan praktik pungli oleh oknum Dinas Perhubungan maupun preman.

Selain itu, pedagang-pedagang kecil juga seringkali harus membayar sejumlah uang kepada pihak-pihak tertentu yang tidak jelas.

Penulis : Qadri

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password