Wakapolresta Himbau Upt Metrologi Legal Memiliki SOP dalam Pelayanan Tera dan Tera Ulang UTTP

Tribratanews.polri.go.id, Polda Bali – Wakapolresta Denpasar AKBP I Nyoman Artana, S.H. selaku Ketua Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Denpasar menghadiri seminar harmonisasi dan sinkronisasi penyelenggaraan metrologi legal wilayah regional 2 di Hotel Aston, Jalan Gatot Subroto, Denpasar, Rabu (18/4/2018) pukul 09.30 Wita.

Seminar ini dibuka oleh PLT Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan dan Perindustrian Republik Indonesia, Sri Agustina, S.E., M.E. dan dihadiri  250 orang terdiri dari para Kepala Dinas (Kadis) serta pejabat dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian RI se-Indonesia.

Kehadiran Wakapolresta pada kesempatan itu juga sebagai narasumber tentang pencegahan pungutan liar dan gratifikasi dalam pelayanan metrologi legal. Tidak hanya mengundang Wakapolresta, pihak panitia juga mendatangkan narasumber dari perwakilan Ombudsman RI Jakarta dan Inspektorat Khusus Kementerian Dalam Negeri RI.

Dihadapan pejabat metrologi Regional 2 (Jawa, Bali dan Nusra),  AKBP I Nyoman Artana, S.H.  meminta kepada jajaran kemetrologian agar memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait standar penilaian dalam memberikan pelayanan kepada para pelaku usaha baik tera maupun tera ulang UTTP (Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapan lainnya). Diharapkan dengan pelayanan ini akan dapat meminimalisir transaksi manual dan beralih melalui elektronik untuk mencegah penyalahgunaan dan pungutan-pungutan di luar peraturan perundang-undangan.

“Pelayanan tera dan tera ulang UTTP bertujuan untuk melindungi kepentingan produsen dan konsumen melalui jaminan kebenaran hasil pengukuran. Selain merugikan masyarakat, dampak yang ditimbulkan jika ada penyimpangan dalam pengukuran tera dan tera ulang juga akan menimbulkan kerugian pendapatan bagi daerah serta berpengaruh pada ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah,” kata perwira lulusan Akpol tahun 1993 ini.

 

Penulis: Bina Wartawan

Editor: Raden Dwi Chandra Narisa

Publish: Suwardhana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password