Kondisi Warganya yang Tinggal Sebatang Kara Digubuk Berukuran 3X4 Mengetuk Hati Bhabinkamtibmas Polsek Mengkendek

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Bhabinkamtibmas Polsek Mengkendek BRIPKA ISHAK ITAN mengunjungi warga binaan yang tergolong tidak mampu di Lembang Buntu Datu Kecamatan Mengkendek  Kab.Tana Toraja, Selasa (17/4/2018) Pukul 09.00 wita.

Warga yang tergolong tidak mampu tersebut bernama MARINUS SARIRI, (58), Pekerjaan tidak ada dan tinggal seorang diri di rumah yang berukuran 3×4 meter terbuat dari Bambu yang hampir roboh dan tangan kanannya cacat sejak lahir menyebabkan terkendala dalam melaksanakan aktivitas sehari hari.

Dengan inisiatif Bhabinkamtibmas berdialog dengan warga tersebut dan didapatkan bahwa warga tersebut pernah menerima bantuan BERAS RASTRA dari pemerintah setempat pada tahun 2017 namun pada tahun 2018 ini tidak lagi menerima bantuan dan hanya mendapatkan bantuan ala kadarnya dari warga lain yang menyuruh dia untuk menjaga padi di sawah.

Setelah Bhabinkamtibmas mendengar semua keterangan dari Warga tersebut maka Bhabinkamtibmas tergerak hati untuk memberi bantuan alah kadarnya sebagai bentuk empati kepada warga yang tidak mampu tersebut.

Dalam kunjungan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan untuk tetap bersabar dalam menjalani hidup ini dan agar selalu berdoa kepada Tuhan. (Humas Polres Tator)

Bantuan sembako yang diberikan Bhabinkamtibmas Polsek Mengkendek kepada warga miskin merupakan wujud empati Polri kepada masyarakat.

Dalam Islam membantu orang miskin mempunyai keutamaan yang besar sebab hal itu membuktikan keimanan seorang muslim, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password