Akibat Hujan Angin, Pohon Tumbang Rusak Rumah Warga

Tribratanews.polri.go.id, Polreta Kediri. Wilayah Kediri kembali diguyur hujan deras disertai angin kencang sore Senin kemarin (16/4). Imbasnya, selain terjadi genangan air di beberapa tempat, ada beberapa pohon yang bertumbangan. Juga, rumah-rumah penduduk mengalami kerusakan akibat terpaan angin yang sangat kencang.

Salah satunya terjadi di Jalan Panglima Sudirman (Pangsud). Di jalan yang masuk wilayah Kelurahan Ringinanom, Kecamatan Kota, ini sebatang pohon besar jenis bunga sepatu dea tumbang. Batangnya langsung melintang di jalan padat tersebut. Tak pelak, hampir 20 menit terjadi kemacetan di lokasi yang jadi salah satu pusat keramaian di Kota Kediri tersebut.

Tak hanya menimbulkan kemacetan, pohon tumbang itu juga sempat menimbulkan kecelakaan tunggal. Ada pengendara motor yang melaju dari arah selatan menabrak batang pohon yang melintang itu. Akibatnya, sang pengendara sempat terjatuh.

“Tapi keadaan pengendara itu hanya pengalami luka ringan saja. Langsung bisa bangkit dan melanjutkan perjalanannya,” kata Bripka Hendri Pramudianto, petugas dari Unit Turjawali Satlantas Polresta Kediri

Warga dibantu petugas dari Polreta Kediri, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri sibuk memindahkan pohon yang melintang di jalan. Mereka memangkas batang dan dahan dengan gergaji mesin. Di dekatnya, dua petugas polentas sibuk mengatur lalu-lintas yang sempat macet.

“Jam 14.30 tadi memang hujan disertai angin kecang melanda daerah sini Mas,” ujar Kapolsek Kota Kediri Kompol Sucipto SH.

Dia menerangkan bahwa kejadian pohon tumbang itu berlangsung cepat. Saat hujan lebat-lebatnya bertiuplah angin. Arahnya ke utara. Beberapa ranting pohon pun patah. Pohon jenis bunga sepatu dea yang berada di depan toko Aki NS pun roboh. Batang pohon langsung melintas menutupi badan jalan.

“Beruntung tidak ada yang tertimpa pohon besar itu Mas,” tambah Kompol Sucipto .

Saat itulah terjadi insiden kecelakaan tunggal. Motor yang melaju dari selatan tak sempat menghentikan laju. Kemudian menabrak batang pohon. Pengendaranya sempat terjatuh walaupun kemudian bisa bangkit lagi.

Sementara itu, Bripka Hendri menjelaskan, pihaknya menerima laporan ada pohon tumbang di selatan pos polisi Sumurbor. Pos itu memang berada di ujung selatan Jalan Dhoho. Di pojok perempatan yang berbatasan langsung dengan Jalan Pangsud. Polisi pun segera ke lokasi.

Dengan bantuan warga sekitar pohon tumbang itu pun berusaha dipindahkan. Batangnya digeser ke tepi. Penggeseran itu membutuhkan waktu beberapa menit. Hal itulah yang membuat kemacetan sempat terjadi. “Itu membuat kendaraan dari dua arus (selatan dan utara, Red) tidak bisa lewat,”  terangnya.

Akibat proses pemindahan itu, sekitar 20 menit Jalan Pangsud sempat tersendat. Karena evakuasi ini petugas di Pos Sumurbor langsung menutup akses jalan ke arah selatan. Pengguna jalan dari Jalan Dhoho dibelokkan ke timur, ke Jalan Patimura. Atau ke barat, ke Jalan Yos Sudarso.

“Setelah pemindahan selesai jalan kami buka lagi dan arus kembali lancar,” tegas Bripka Hendri.

Pohon tumbang tidak hanya terjadi di Jalan Sudirman saja. Menurut Kepala BPBD Kota Kediri Syamsul Bahri, ada pohon tumbang di pinggir rel kereta api di Kelurahan Manisrenggo, Kecamatan Kota. Nahasnya, pohon tumbang akibat puting beliung ini menimpa rumah Khomariah, 52. Rumah itu berada di RT 5 RW 4. Akibatnya atap rumah rusak. Walaupun tak terlalu parah.

“Petugas kami langsung datang ke sana untuk mengecek dan memberikan bantuan,” jelasnya.

Syamsul menambahkan, akibat pohon tumbang di Manisrenggo juga membuat kabel listrik terkelupas dan kendor hingga ke tanah. Saat melakukan pembenahan rumah Khomariah yang rusak tersebut petugas harus berhati-hati agar tidak tersengat aliran listrik dari kabel yang terputus tersebut. “Alhamdulullah berjalan lancar dan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini,” tegas Syamsul.

 

 

Penulis      : Didik

Editor         : ALFIAN NURNAS

Publish      : Didik

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password