AS SDM Kapolri Irjen Pol Arief Sulistyanto Pantau Langsung Pelaksaanaan Tes Psikologi di Polda Jambi

6b207b5c-c49d-406c-bcc3-b42e96f5b676

Tribratanews.polri.go.id, Polda Jambi – Hari ini Selasa, (17/4/18) Kepolisian Daerah (Polda) Jambi melaksanakan tes psikologi untuk calon Tamtama, Bintara dan Akpol yang digelar serempak di seluruh Indonesia, kegiatan berlangsung di Balairung Pinang Masak, kampus Universitas Jambi (Unja) Mendalo.

Dalam pelaksanaan tes  psikologi serentak yang berlangsung ketat itu langsung diawasi oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Arief Sulistyanto bersama Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis AS.

Dalam pernyataannya Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Arief Sulistyanto mengatakan bahwa aspek yang dinilai dalam tes psikologi pertama, meliputi kecerdasan, kepribadian dan sikap kerja, sedangkan untuk tahap kedua adalah tes kesehatan mental.

Total peserta pada tes psikologi tahap I seluruh Indonesia ini ada sebanyak 77.308 orang yang terdiri dari 65.178 pria dan 12.130 wanita. Mereka memperebutkan kuota didik sebanyak 8.400 orang dengan rincian 8.000 polisi pria dan 400 polisi wanita.

Seperti diketahui pada hari sebelumnya, Polda Jambi melaksanakan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas tersebut di saksikan langsung oleh Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol Arief Sulistyanto,

Dalam acara tersebut kemarin, panitia juga diambil sumpah untuk mengawasi dan melaksanakan seleksi dengan penuh tanggung jawab, teliti, dan tidak melanggar norma hukum. Sementara para peserta bersumpah akan bersungguh-sungguh mengerjakan tes dengan tanggung jawab dan tidak curang.

Sedangkan para peserta mengucapkan sumpah bahwa mereka akan bersungguh sungguh mengikuti sistem seleksi pendidikan berdasarkan kemampuan sendiri dengan jujur dan bertanggung jawab, tidak akan melakukan perbuatan yang bertentangan dengan norma seleksi dalam bentuk mencari, meminta atau menggunakan dukungan pihak lain untuk meluluskan dirinya.

“Apabila melanggar sumpah, peserta bersedia didiskualifikasi dan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Hal ini sebagai wujud komitmen dan kesungguhan Panitia dan peserta untuk melaksanakan seleksi ini dengan sebaik-baiknya, Kompetisi ini cukup ketat, untuk mendapatkan calon peserta didik yang berkualitas panitia seleksi bertekad melaksanakan tes secara bersih, transparan, akuntabel, humanis serta clear and clean, ” Tegas ASSDM Kapolri.

Kapolda Jambi bersama pengawas eksternal lakukan pengawasan
Kapolda Jambi bersama pengawas eksternal lakukan pengawasan
ASSDM Kapolri saat melakukan pengawasan
ASSDM Kapolri saat melakukan pengawasan

Penulis : Lilik Adhi
Editor : Raden Dwi Candra
Publish : Lilik Adhi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password