Pertahankan Standar Kesehatan Personel Polri, Bid Dokkes Polda Bali Laksanakan Rikes Berkala T.A. 2018

WhatsApp Image 2018-04-17 at 14.21.55

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali , Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Bali melaksanakan Pemeriksaan Kesehatan (Rikes) Berkala T.A. 2018 bagi Anggota dan PNS Polri Polda Bali serta Polres jajaran, bertempat di Ruang Rapat Bid Dokkes, Lantai 3 Gedung Promoter Raksa Grahita Polda Bali, Selasa (17/4/2018). Dalam penyelenggaraan Rikes Berkala kali ini, Bid Dokkes Polda Bali bekerja sama dengan PT. Suprima Mitra Adihusada.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan empat gelombang yaitu, gelombang pertama tanggal 9 sampai dengan 11 April 2018 diikuti oleh Satker Itwasda, Biro Rena, Biro SDM, Biro Ops, Biro Log dan Koorspripim Polda Bali. Gelombang kedua tanggal 12 sampai dengan 16 April 2018 diikuti oleh Satker Dit Binmas, Dit Tahti, Bidkum, Bid Humas, Bid Propam, Bid TI, Bid Keu, Bid Dokkes, Rumkit, Yanma, Labfor Cab. Denpasar, SPKT, dan Setum Polda Bali.

Gelombang ke tiga dilaksanakan pada tanggal 17 sampai dengan 20 April 2018 dan diikuti oleh Satker Dit Intelkam, Dit Reskrimsus, Dit Reskrimum, Dit Resnarkoba, Dit Sabhara, dan Dit Lantas Polda Bali. Sementara, untuk gelombang keempat dilaksanakan pada tanggal 30 April sampai dengan 4 Mei 2018 dan diikuti oleh Satker Dit pamobvit, dan Dit Polair Polda Bali.

Kabid Dokkes Polda Bali Kombes Pol. dr. Agung Widjajanto, Sp.F., DFM. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun, sebagai upaya untuk mengawasi, membina dan mempertahankan standar kesehatan personel Polri secara berkesinambungan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan bermanfaat. Dengan pemeriksaan kesehatan berkala dapat diketahui kondisi kesehatan kita. Jika ada penyakit maka bisa segera dilakukan pengobatan maupun tindakan medis,” ungkap Kombes Pol. dr. Agung Widjajanto, Sp.F., DFM.

Disampaikannya, dalam pemeriksaan kesehatan berkala ini seluruh peserta akan melakukan beberapa tahapan yaitu pengukuran tinggi dan berat badan, pengukuran tensi, pemeriksaan Laboratorium meliputi pemeriksaan darah dan urine, rekam jantung (EKG), pemeriksaan fisik, dan terakhir foto rontgen thorak. Tidak hanya itu, bagi personel yang umurnya di atas 41 tahun, juga mengikuti Treadmill, bertempat di Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar.

Kombes Pol. dr. Agung Widjajanto, Sp.F., DFM. juga menyampaikan, sebelum mengikuti Rikes ini anggota dan PNS Polri harus puasa sehari sebelumnya (mulai jam 10 malam) atau terakhir makan malam pukul 22.00 Wita. Selain itu, personel juga tidak boleh merokok, tidak boleh minum teh atau kopi, hanya diperbolehkan minum air putih. “Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang maksimal,” pungkasnya.

Penulis : Komang Arya

Editor    : Swanjaya

Publish : Ngakan Candra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password