Penangkapan Pelaku Kasus Tindak Pidana Penipuan dan atau Tindak Pidana Pencurian dan Kasus Tanpa hak Menguasai dan Memiliki Senjata Api

Tribratanews.polri.go.id – Polda Metro Jaya, Senin (16/4/2018) Subdit umum / Jatanras Dit Reskrimum Polda Metro Jaya telah melakukan penangkapan terhadap pelaku kasus Tindak pidana Penipuan dan atau tindak pidana Pencurian (pembobolan kartu kredit) dan Kasus Tanpa hak menguasai dan memiliki senjata api.

Waktu kejadian pada bulan Januari 2018 s.d bulan Maret 2018, dengan TKP di Wisma Asia Jl. S. Parman, Slipi Jakarta Barat dan Tower SCBD, Lot 10. Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53. Jakarta 12190. Korban bernama DICKY S, IWAN TASLIM, FRENGKY dan AGUSTINA C. Keempat TSK berinisial NM, TA, AN, dan IS.

Dengan Modus Operandi yang Pertama, Pelaku membeli data base nasabah kartu kredit dengan cara online, memfilter data base nasabah yang masih aktif, menghubungi Call Center Bank penerbit kartu kredit dengan mengaku sebagai pemilik kartu kredit, meminta pergantian no. hp dan meminta penerbitan kartu kredit yang baru, meminta untuk dikirimkan ke alamat milik tersangka dan menggunakan kartu kredit tersebut untuk berbelanja.
Dan Modus Operandi Kedua, Pelaku menelepon korban mengaku sebagai call centre dan mengatakan bahwa ada transaksi melalui kartu kredit korban, meminta korban menyebutkan 3 digit angka yang ada di belakang kartu dan tanggal kadaluwarsa kartu kredit milik korban, mengambil alih penggunaan kartu kredit tersebut dan membelanjakan dengan menggunakan data nasabah tersebut.

Para Tersangka dikenakan Pasal 378 KUHP dan atau 362 KUHP, dengan ancaman hukuman setinggi – tingginya 5 tahun penjara.

editor : Alfian

publish : Fitri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password