Brigadir Firdaus Dan Brigadir Yanto Melayani Orang “Sakit” Dengan Tulus

 

Tribratanews.polri.go.id.polda Kalbar,Polres Sintang- Kompleksnya pelaksanaan tugas selaku anggota Polri, benar-benar dirasakan oleh anggota Polsek Kelam Permai, selain melaksanakan tugas selaku Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat serta menegakan Hukum, ternyata melayani orang yang mengalami gangguan kejiwaan juga dilakukan oleh Brigadir Firdaus dan rekan kerjanya pada saat melaksanakan piket Mako. Senin (16/04/2018)

Minggu dini hari (15/04) Polsek Kelam Permai Polres Sintang dikejutkan dengan kedatangan seorang wanita dengan perkiraan umur 20 tahun. Tidak sepatah katapun yang keluar dari mulutnya namun dirinya langsung duduk diruang tamu diam tak bergeming. Hal tersebut membuat Brigadir Firdaus dan Brigadir Yanto yang sedang melaksanakan Piket menjadi terkejut dan bingung dengan kehadiran wanita tersebut.

“Saya tanyakan apa yang bisa dibantu, ibu dari mana, dan perlu apa serta siapa namanya, namun dia tidak menjawab, saya jadi aneh juga,” tutur Brigadir Firdaus.

Kedatangan wanita misterius tersebut semakin membuat Brigadir Firdaus dan rekannya Brigadir Yanto curiga, karena wanita tersebut hanya diam memandang dengan pandangan kosong dan tanpa eskpresi.

“Karena khawatir maka saya langsung telpon ke Kapolsek dan melaporkan terkait kedatangan wanita “Misterius” tersebut, dan oleh Kapolsek, Saya diperintahkan untuk mengawasi dan menjauhkan barang-barang yang dianggap berbahaya baik bagi dirinya maupun kepada anggota dan Mako hingga menunggu pagi,” ungkap Brigadir Firdaus.

Wanita yang akhirnya diketahui bernama Marlina Anom (31) merupakan warga Dusun Ranap Rt.001/Rw.001 Desa Natai Tebedak Kec. Kayan Hilir Kab. Sintang, istri dari Kornelius Lias (38).

Menurut Kornelius Lias (38), istrinya (Marlina Anom) telah mengalami gangguan jiwa sejak 3 Tahun yang lalu dan penyebab gangguan jiwanya dirinya tidak mengetahui secara persis.

Hasil koordinasi pihak keluarga dan Dinas Sosial Kab. Sintang untuk Marlina Anom(31) disarankan untuk dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Singkawang guna pengobatan lebih lanjut.

“Rencana istri saya akan kami bawa berobat ke Singkawang, namun kami masih menunggu proses surat menyuratnya dari dinas Sosial dan BPJS, saya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak polisi kelam karena telah membantu menjaga istri saya yang membolehkan numpang di kantor polisi ” ucap Kornelius Lias.

Kapolsek Kelam Permai Iptu Hariyanto saat dikonfirmasi, membenarkan jika ada kedatangan warga masyarakat yang mengalami gangguan jiwa dan tidur di Kantor Polsek.

“Benar, ada seorang wanita yang diketahui jika dirinya mengalami gangguan jiwa dan datang serta tidur diruang tamu Polsek, namun yang bersangkutan selama dipolsek tidak melakukan tindakan yang berbahaya, oleh anggota yang jaga dia (Marlina Anom-red) dilayani dengan baik, diberi makan dan minum layaknya tamu lah,” tutur Kapolsek Kelam.

Masih menurut Kapolsek Kelam Permai, hal ini telah di koordinasikan dengan Camat Kelam dimana warga yang mengalami gangguan jiwa tersebut akan dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Singkawang guna proses pengobatan dan tentunya atas persetujuan suami serta pihak keluarga yang bersangkutan.

Penulis: Har
Editor: Alfian.N/Nanang.P
Publish: Dhean

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password