Tiga Kepala Rumah Tangga Miskin Dapat Bantuan Sembako dari Kapolres Enrekang

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolres Enrekang AKBP Ibrahim Aji, S.IK bersama ketua Bhayangkari Cab. Enrekang Ny. Ida Ibrahim Aji memberikan bantuan sembako kepada 3 orang kepala rumah tangga yang kurang mampu, Kamis (12/4/18).

Pemberian sembako langsung diserahkan oleh Kapolres Enrekang beserta Ketua Bhayangkari Cab. Enrekang yang didampingi oleh Kasat Intelkam Polres Enrekang, KBO Sat Lantas Polres Enrekang serta Ibu-ibu Bhayangkari

Bantuan sembako ditujukan langsung kepada 3 kepala Rumah tangga yakni keluarga Bapak Sapradi Raja, Usia 40 Tahun alamat Anggeraja, Bapak Juhani usia 70 tahun, alamat anggeraja serta keluarga Ibu Rosmiati usia 37 tahun, alamat Anggeraja.

Kapolres Mengungkapkan, pemberian bantuan Sembako adalah wujud kepedulian Polisi terhadap masyarakat kurang mampu yang sangat membutuhkan untuk diberikan donasi dan bantuan, Fungsi kita (Polisi) selain sebagai penegak hukum juga bisa diaplikasikan dalam bentuk seperti ini “Polisi Peduli” .

“Bantuan Sembako yang diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu untuk membangun rasa kebersamaan dan menjalin hubungan persaudaraan lebih baik lagi serta mendekatkan diri kepada masyarakat dan tidak ingin ada jarak antara Polisi dan masyarakat karena Polisi adalah Pengayom, Pelindung dan Pelayan masyarakat” jelas Kapolres Enrekang. (Humas Polres Enrekang)

Bantuan sembako yang diberikan Kapolres enrekang kepada warga miskin merupakan wujud empati Polri kepada masyarakat, apalagi sasarannya adalah warga miskin yang membutuhkan bantuan. Dalam Islam membantu orang miskin mempunyai keutamaan yang besar sebab hal itu membuktikan keimanan seorang muslim, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

Penulis : Harmeno

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password