Ditlantas Sulut Gelar “Ngopi Bareng”Diskusi Polemik Fenomena Transportasi Daring

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulut. Melihat Polemik yang terjadi mengenai transportasi daring (online), Ditlantas Polda Sulawesi Utara menggelar kegiatan Ngopi Bareng, sekaligus diskusi dan solusi dengan tema “Polemik Fenomena Transportasi Daring”, Kamis, (12/4/2018).

IMG-20180412-WA0008

Kegiatan tersebut dilangsungkan di Coffe shop Jl. A. Yani 08, Sario, Manado pukul 09.00 WITA.

Dihadiri oleh Dishub, PT. Jasa Raharja, Organda, Akademisi Pakar Transportasi, Hukum, dan Ekonomi, Mahasiswa, Asosiasi Grab dan Gojek, dan Bag Hukum.

Ditlantas Polda Sulut menghadirkan Pakar IT UI Prof. Riri Fitri Sari, Pakar Transportasi UI Dr. Ellen Tangkudung M.T, dan Pakar Hukum UGM Dian Agung Wicaksono SH LL.M sebagai narasumber.

Dr. Ellen menjelaskan bahwa angkutan umum daring merupakan angkutan orang tidak dalam trayek dengan tujuan tertentu dengan sewa, sehingga secara yuridis sudah terkualifikasi dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Selain itu, Prof. Riri mengatakan bahwa teknologi harus diterima untuk kesejahteraan, “perlunya edukasi dan keterbukaan menerima teknologi secara efektif dan efisien yang bertujuan untuk kesejahteraan, keteraturan dan keselamatan.”

“Karena aspek daring menekankan pada metode untuk memesan angkutan umum,” imbuhnya.

Sementara itu Pakar Hukum UGM, Dian Agung mengungkapkan bahwa penggunaan sepeda motor sebagai angkutan umum merupakan kebijakan transaksional sebagai angkutan umum daerah yang diatur dalam perda.

“Sepertinya Materi tidak ada yang Perlu dirubah karena sudah relevan, namun dibutuhkan aturan pelaksanaan dalam Peraturan Pemerintah, Pereturan Mentri, atau Peraturan Kapolri untuk hal – hal yang lebih teknis,” pungkasnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password