Kapolres Klungkung Turun ke Sekolah, Sosialisasikan Ujaran Kebencian

klkujrankbncian201172
Ratusan pelajar SMA Saraswati Klungkung dengan penuh semangat mengikuti Upacara Bendera yang rutin dilaksanakan setiap hari senin, bertindak selaku Pembina upacara Kapolres Klungkung AKBP. FX. Arendra wahyudi, SiK. bertempat di halaman depan SMA Saraswati, Senin (23/1). Selain diikuti para Pelajar, upacara juga diikuti oleh Kepala Sekolah Drs. I Gusti Made Subrata M.Ag. dan para Guru SMA Saraswati Klungkung. Dalam amanatnya Kapolres Klungkung menyampaikan masalah ujaran kebencian (Hate Speech ), dengan harapan agar para Guru dan Pelajar SMA Saraswati Klungkung bisa mengerti dan memahami masalah ujaran kebencian, sehingga hal tersebut bisa dicegah sejak dini.
Penyampaian materi tentang ujaran kebencian oleh Kapolres dengan para siswa dilaksanakan dengan dialog dan Tanya jawab. Apa saja bentuk ujaran kebencian yaitu penghinaan, pencemaran nama baik, penistaan, perbuatan tidak menyenangkan, memprovokasi, menghasut dan penyebaran berita bohong, jelas kapolres Klungkung. Aspek apa saja yang dipakai, yaitu Suku, Agama, Aliran Kepercayaan, Ras, Antar Golongan, Warna Kulit, Etnis, Gender, kaum difabel dan orientasi seksual. Sedangkan media yang dipakai untuk mengujarkan kebencian adalah orasi, spanduk, pamphlet, media sosial, demontrasi, ceramah keagamaan, media masa baik cetak maupun elektronik.
klkujrankbncian20117
Adapun sangsi bagi penyebar ujaran kebencian dapat dijerat dengan pasal 28 ayat (2) UU Informasi dan transaksi elektronik (ITE) dengan pidana penjara maksimal 6 tahun dan atau denda paling banyak 1 miliar rupiah. Kapolres Klungkung juga menyampaikan pentingnya hal ini seperti ujaran kebencian disampaikan kepada para pelajar, karana paralajar merupakan aset dan generasi Bangsa yang akan memimpin Bangsa ini dimasa depan.
Kapolres juga menjelaskan kegiatan ini seperti Polisi jadi Pembina Upacara disekolah-sekolah, sebagai bentuk kepedulian Polres Klungkung terhadap anak-anak (pelajar) disamping itu juga merupakan tindakan nyata dari kebijakan Pimpinan Polri. Selain Kapolres Klungkung jadi Pembina Upacara di SMA Saraswati, pada saat yang sama juga Waka Polres Klungkung Kompol. Nengah Sadiarta, SH.SiK. menjadi Pembina upacara di SMA PGRI Pariwisata Dawan Klungkung dan Kasat Reskrim AKP Wiastu Andri Prajitno, SH di SMK Negeri 1 Klungkung serta Anggota Intel Iptu Nengah Simpen menjadi Pembina Upacara di SMP Negeri 3 Gelgel Klungkung. (SWAN)

Sumber Berita: http://polda-bali.com/berita-www-kapolres-klungkung-turun-ke-sekolah-sosialisasikan-ujaran-kebencian.html

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password