Tim Penyelam Dipimpin Wakapolres Kepulauan Sangihe Berhasil Menemukan Warga yang Hilang saat Mencari Ikan

jubi

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Matius Humune (40), warga Kampung Bumbiha Lindongan I, Kecamatan Siau Barat, Kabupaten Kepulauan Sitaro (wilayah hukum Polres Kepulauan Sangihe), dikabarkan hilang saat menangkap ikan dengan cara memanah (bajubi), di perairan Pantai Bumbiha, Rabu (11/04/2018), pagi.

Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, berjarak sekitar 100 meter dari pesisir pantai, pada kedalaman sekitar 38 meter, Rabu, sore. Korban ditemukan oleh tim penyelam yang dipimpin Wakapolres Kepulauan Sangihe, Kompol H.O. Bingku.

Kejadian berawal ketika Rabu pagi, korban mencari ikan bersama temannya, Konstantein Kabuhung, di lokasi yang berjarak sekitar 100 meter dari pesisir Pantai Bumbiha. Korban saat itu mencari ikan, sedangkan Konstantein menunggu di atas perahu.

Lima menit kemudian, korban muncul ke permukaan sambil memberikan ikan hasil tangkapan kepada Konstantein. Korban kembali mencari ikan, namun hingga 10 menit kemudian, tak kunjung muncul lagi.

Saksi kemudian mendekati perahu nelayan bernama Hapi, yang sedang mencari ikan di dekatnya dan mengatakan bahwa korban tak kunjung muncul ke permukaan. Sesaat kemudian, kedua saksi melihat pelampung berjarak sekitar 20 meter dari tempat mereka berada, lalu mereka menghampirinya.

Hapi langsung mengangkat pelampung dan mendapati tali beserta pemanah ikan milik korban yang terikat bersama pelampung tersebut. Kedua saksi berusaha melakukan pencarian beberapa saat, namun tak membuahkan hasil. Keduanya lalu kembali ke darat dan memberitahukan kejadian ini kepada warga.

Upaya pencarianpun dilanjutkan dengan melibatkan pihak pemerintah setempat, kepolisian, Tim SAR dan warga. Sekitar pukul 15.20 WITA, korban ditemukan tewas dengan kondisi mulut mengeluarkan busa.

Wakapolsek Siau Barat, AKP S. Adilang mengatakan, korban lalu dievakuasi ke Puskesmas Ondong untuk diperiksa oleh tim medis. “Setelah diperiksa, korban dibawa ke rumahnya untuk disemayamkan,” ujarnya.

Penulis: Humas Res Sangihe
Editor: Raden Chandra
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password