Polres Gowa Ungkap Kasus Grab Car Fiktif

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Satuan Reskrim Polres Gowa menggelar rilis pengungkapan kasus Grab Car fiktif di Mako Polres Gowa, Selasa (10/04/18).

Dibawah pimpinan Kasat Reskrim Iptu Donna Briadi, SIK dan Kanit Tipiter Ipda Suparno, unit Tipiter Polres Gowa berhasil mengungkap pelaku kasus tindak pidana Grab Car fiktif yang marak terjadi dengan modus Pelaku melakukan orderan dan menerima orderan, kemudian melakukan perjalanan fiktif.

Pada Selasa, 23 Maret 2018, berdasarkan informasi yang diperoleh dari beberapa warga, bahwa pelaku berteman melakukan aksinya di rumah yang terletak di Perumahan Bumi Sarindah Dusun Japing Desa Sunggumanai Kec. Pattallassang Kab. Gowa.

Adapun identitas pelaku yakni:
1. AA als Ardi (34th) Wiraswasta, warga Desa Pattallassang.
2. IY als Anti (23th),Wiraswasta, warga Desa Sungumanai Pattallassang.
3. IW als Jaya (32th), Wiraswasta, warga Desa Sunggumanai Pattallassang.
4. RO als Enol (32th), Wiraswasta, warga Desa Sunggumanai Pattallassang.
5. MK als Kamil (27th), Wiraswasta, warga Desa Sunggumanai Pattallassang.

Adapun barang bukti yang disita, yakni :
1. 1 Unit mobil Daihatsu Sigra warna hitam plat No. DD 1573 YS.
2. 9 Buah Kartu ATM.
3. 34 Unit Ponsel berbagai jenis merk.
4. 4 Buah Buku rekap rental polsel.
5. 2 Unit terminal sambungan kabel.
6. 3 Unit Charger.
7. 2 Unit power bank.
8. Uang tunai Rp 1.035.000,-

Para pelaku melakukan Grab Car fiktif ini dengan alasan jika pelaku mendapatkan target 29 trip dalam sehari sesuai ketentuan yang diatur oleh pihak Grab, maka para pelaku mendapatkan insentif berupa bonus sebesar Rp. 300.000,-.

Para pelaku yang ingin memperoleh uang secara mudah dan cepat tanpa harus bekerja keras pun kini ditahan dan harus menerima hasil perbuatannya, karena telah melanggar Pasal 51 Jo Pasal 35 UU No.19 Tahun 2016 ttg Perubahan atas UU No.12 Thn 2008 ttg Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman pidana penjara paling lama 12 Tahun dan atau denda paling banyak sebesar 12 Milyar.

“Kami akan terus melaksanakan pengembangan dalam kasus ini,” ujar Iptu Donna Briadi saat dikonfirmasi. (Humas Polres Gowa)

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password