Lihat Kecelakaan Lalu Lintas? Berikut Beberapa Tahapan Penanganannya

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Seorang pengendara sepeda motor yang dikemudikan oleh Bapak Krismiano (33) melaju dari arah barat menuju timur. Saat tiba dipersimpangan jalan tiba tiba muncul dari arah utara motor yang ditumpangi oleh seorang anak sekolah bernama Fadilah (15). Kecelakaan lalulintas tidak dapat dihindari lagi.

Saat kejadian tersebut seorang anggota Polri dari Satuan Lalulintas Polres Bone terlihat keluar dari salah satu sekolah di sekitar kejadian kecelakaan tersebut. Ternyata Polantas yang bernama Brigpol Isra Afandi sedang melaksanakan pengamanan ujian nasional. Dengan sigap Polantas dibantu oleh masyarakat sekitar memberikan bantuan kepada korban kecelakaan.

Akibat dari kecelakaan ini kedua korban mengalami luka lecet pada tangan, punggung, dan kaki.

Perhatian masyarakat sekitar tertuju pada Polantas yang membantu korban, karena Polantas ini memberikan pertolongan kepada pengendara berdasarkan tahapan tahapan Standar Prosedur Penanganan Kecelakaan yang benar.

Salah seorang warga atas nama Amir melalui keterangannya mengatakan bahwa keberadaan Polisi di sini melakukan pertolongan pertama, memberikan pembelajaran kepada kami bahwa seperti ini cara penanganan kecelakaan yang benar.

“Dimana sering sekali terjadi kecelakaan lalulintas dan penanganan/pertolongan awal masyarakat kurang tepat sehingga dapat merugikan korban dan menyulitkan proses penyidikan pihak kepolisian,” ucapnya.

Konfirmasi terpisah Kanit Turjawali Lantas Ipda Dodie Ramaputra menuturkan bahwa salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas disebabkan karena salah satu pengendara yang terlibat kecelakaan tergolong anak di bawah umur yang belum diperbolehkan membawa kendaraan.

Selain itu, proses penanganan awal kecelakaan yang dilakukan anggota kami bisa menjadi edukasi bagi masyarakat yanh melihat kejadian tersebut. Bahwa pertolongan untuk korban kecelakaan menjadi tindakan awal dan utama tanpa mengabaikan penandaan letak/posisi korban sebelum dipindahkan, sehingga dapat memudahkan proses penyidik kasus kecelakaan, tutur Dodie.

Oleh karena itu, lanjut Dodie, kami menghimbau kepada masyarakat apabila menemukan kejadian kecelakaan agar melakukan tahapan yang benar sebagai berikut,
1) Menolong Korban, dan memberikan tanda letak korban sebelum dipindahkan
2) Memperhatikan kondisi korban, dengan memberikan tindakan yang tepat
3) Menghubungi pihak Rumah Sakit atau diupayakan membawa ke Rumah Sakit untuk mendapat pertolongan medis secara profesional
4) Menghubungi pihak Kepolisian
5) Membantu Kepolisian dengan memberikan keterangan kronologis kajadian atau saksi kejadian.

Menurutnya, kelima hal tersebut yang penting dilakukan masyarakat jika menemukan kejadian kecelakaan.
Kami juga mengharapkan kepada anak yang masih di bawah umur atau orang tuanya agar tidak memberikan kendaraan kepada anak apabila belum memenuhi syarat umur, karena sangat berbahaya bagi generasi muda kita. (Humas Polres Bone)

Penulis : Harmeno

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password