Wakapolri, Sosok Pemimpin Yang Agamis

Tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Wakapolri, Komjen Pol. Drs. Syafruddin, M.Si., baru saja menerima penganugerahan Tokoh Perubahan Republika 2017 yang digelar di Djakarta Theater, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2018) malam. Wakapolri yang saat ini mengemban amanah sebagai Waketum  Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) dinilai sebagai sosok yang mampu memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia dan melakukan perubahan di tengah masyarakat yang heterogen.

Masa kecil Komjen Pol. Drs. Syafruddin, M.Si., sudah terbiasa bangun sebelum matahari terbit. Kala orang masih terlelap dengan mimoi indahnya, dia sudah menimba air guna memenuhi air wudhlu di masjid sekitar rumahnya, Makassar, Sulawesi Selatan.

Jika waktu shalat Subuh tiba dan belum ada yang mengumandangkan azan, jenderal bintang tiga yang kala masih berusia tujuh tahun bertindak sebagai muazin. Rutinitas yang yang biasa ia lakukan hingga dewasa, dan ia diberi amanah pengurus masjid untuk menyusun jadwal khatib shalat Jumat dan merancang kegiatan keagamaan untuk meramaikan masjid.

Masa kecilnya bukan hanya dimanfaatkan untuk bermain, namun untuk beribadah, salah satunya dengan mendekat masjid.

“Sejak kecil saya sudah dekat dengan masjid,” ujar Komjen Pol. Syafruddin, M.Si.

Dan kini, mengemban amanah sebagai salah satu pengurus DMI membuatnya kian semakin dekat dengan masjid. Yang sesuai dengan visi dan misi DMI yakni  memakmurkan masjid dan dimakmurkan masjid. Dengan harapan umat Islam bisa memakmurkan masjid melalui berbagai kegiatan keagamaan, sosial hingga kegiatan ekonomi.

Jenderal bintang tiga yang rajin berpuasa Senin dan Kamis tersebut menuturkan masjid akan selalu menjadi tempat umat berharap dengan segala dinamika yang menunjukkan umat Islam semakin mendekati dan mencintai ajarannya.

Jenderal yang juga menjabat Kepala Kontingan Indonesia dalam pesta olahraga Asian Games 2018 ini mengatakan jika umat Islam memahami beribadah dalam arti luas. Yang berati segala kebaikan akan dilipatgandakan ganjarannya jika dilakukan di masjid.

(img/lm/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password