Irwasda Polda Kalbar Gelar Sosialisasi Saber Pungli di Sanggau

Tribaratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Irwasda Polda Kalbar Kombes Pol Andi Musa, SH, MH melaskanakan Sosialisasi tentang Saber Pungli di lingkungan Kepolisian, Pemerintah Kabupaten Sanggau, Instansi Vertikal dan Lembaga Pelayanan Publik. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Musyawarah Lantai 1 Pemkab Sanggau, Selasa (10/04).

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Pj Bupati Sanggau Moses Tabah, Kapolres Sanggau AKBP Rachmat Kurniawan SH, S. IK, M, Asisten 1 Willybrodus Willy, Forkompinda Kabupaten Sanggau, para SKPD, Kapolsek Jajaran, Polisi Militer, BNN, KPU, Pamwaslu, Camat se Kabupaten Sanggau dan para Lurah. Jumlah keseluruahan sekitar 165 orang.

Kombes Pol Andi Musa, SH, MH selaku ketua Saber Pungli Kalimantan Barat berkewajiban memberikan sosialisasi sebagai pemahaman terkait pungutan Liar di wilayah Kalimantan Barat, dimana Kalbar selama kurun waktu satu tahun hanya ada satu aduan, hal tersebut apakah memang sudah benar tidak ada Pungli dan apakah masyarakat tidak tau ataupun penyenggaranya yang sudah kebal tidak terasa di cubit atau tidak mau tau.

Banyak contoh di sampaikan oleh Andi Musa bahwa pungutan Liar yang dilakukan pelayanan publik seperti pengurusan Paspor, KTP, SIM, STNK, BPKB, SKCK, dan pelayan publik yang lain. “Ketika kita sebagai penyelenggara negara dan juga sebagai pelaku pungli, itulah yang menjadikan masyarakat anti pati terhadap penyenggara negara dan pemerintah,” ungkapnya.

“Saya melihat semua pelayanaan publik apabila masih ada pungli akan kami lakukan tangkap tangan dan Operasi kejut,” terangnya.

Lanjutnya, Di himbau kepada pelayanan publik yang ada di Kabupaten Sanggau agar tidak ada lagi pungli sekecil apapun. Jika terbukti ada, akan ditindak lanjuti karena pungli dapat mengarah ke korupsi. “Pungli dapat merusak sendi-sendi kehidupan dan merusak daya saing dari Inspektor dari Luar,” himbau Andi Musa.

Dalam penekanannya, Kombes Pol Andi Musa menyampaikan setelah dilakukan sosialisasi pencegahan-pencegahan ini, apabila ternyata masih adanya pungli dengan tegas dirinya selaku Ketua Saber Pungli Kalbar akan turun melakukan OTT (Operasi Tangkap Tangan).

Penulis : Sukadar
Editor : Alfian N / Nanang P
Publish : Dhean

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password