Wakil Presiden Republik Indonesia Drs H. Muhammad Jusuf Kalla Buka Indonesia Africa Forum (IAF)

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Diawali sambutan dari Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menyampaikan bahwa “Forum Indonesia Afrika sebagai bagian dari upaya kerjasama dalam rangka meningkatkan kerjasama bisnis dengan negara afrika dan forum ini di hadiri oleh kurang lebih 500 orang dari masyarakat pembisnis, pemangku jabatan/kepentingan maupun sektor swasta lainnya guna mencari solusi untuk membangun kerjasama ekonomi konkret dan memperluas bisnis. Forum ini juga akan membahas beberapa agenda antara lain diplomasi ekonomi mengeksplorasi cara-cara inovative untuk memperkuat kemitraan, pembangunan infrastruktur dan energy sebagai mesin pertumbuhan dan diversifikasi ekonomi, meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi melalui inisiatif pembiayaan, manufaktur di era transformasi digital, tantangan dan peluang serta kerjasama industri strategis yang mempromosikan struktur industri dan pengembangan ekonomi berkembang. Pada hari kedua Indonesia Afrika Forum ini juga akan membicarakan bidang persfektip bisnis dengan mengusung thema Kerjasama perdagangan dan investasi yang berkelanjutan” ujar Duta Besar Indonesia untuk Norwegia dan Islandia pada 2005 – 2008 lalu itu.

Indonesia Africa Forum (IAF) dibuka langung oleh Wakil Presiden Drs H. Muhammad Jusuf Kalla dalam sambutannya wakil Presiden RI menyampaikan bahwa Kerjasama Imdonesia dengan Afrika sudah cukup lama, sejak tahun tahun1955 terus berkembang dalam kerjasama ekonomi dan pembangunan lainnya, hari ini kita harus bekerja sama memperkuat ekonomi, keamanan menjadi prioritas, afrika banyak menyimpan potensi. Afrika sebuah benoa yang luar biasa, demikian juga indonesia memiliki potensi ekonomi, sehingga pertumbuhan ekonomi juga harus dirasakan oleh masyarakat, kalau kerjasama ini berhasil akan menujukkan kepada dunia bahwa Indonesia Afrika adalah Negara yang sejahtera, kerjasama indonsia afrika naik 15 persen, infestasi mulai berkembang di Afrika lebih dari 30 perusahaan Indonesia berinfestasi di Afrika.

Berdiri di hadapan ratusan delegasi dari Benua Afrika, JK mengaku ingatannya langsung tertuju dengan Black Panther. Sebuah kisah film fiksi tentang superhero dari Negeri Wakanda,menurutnya Indonesia punya potensi besar dalam bidang perdagangan dengan negara-negara ‘Wakanda’. Peningkatan volume perdagangannya juga relatif sangat besar dari tahun ke tahun. Volume perdagangan antara Indonesia dan Afrika di 2017 mencapai US$ 8,84 miliar atau naik 15,25% dari 2016 ini masih terbilang kecil, tetapi trennya terus tumbuh Ini sangat positif dan signifikan. “Indonesia butuh minyak mentah, kapas, biji kakao dari Afrika. Sementara Afrika butuh minyak CPO, kendaraan bermotor, dan tentunya sangat populer mie instan,” ungkap Drs H. Muhammad Jusuf Kalla.

Penulis  : Putu Adnyana

Editor    : Raden Dwi Chandra Narisa

Publish  : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password