Tingkatkan Peran dan Fungsi Pengawasan, Polda Bali Gelar Rapat Kerja Teknis

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Irwasda Polda Bali Kombes Pol. Drs. Wahyono, M.Hum. didampingi Kabid Propam Polda Bali Kombes Pol. Beny Arjanto, S.I.K. membuka secara resmi Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Pengawasan Polda Bali T.A. 2018, bertempat di Gedung Rupatama Polda Bali, Selasa (10/4/2018) pukul 10.00 Wita. Rakernis Fungsi Pengawasan ini mengangkat tema “Meningkatkan peran dan fungsi pengawasan untuk mewujudkan postur Polri Polda Bali yang Promoter guna menyukseskan Pilkada serentak 2018 dan tahapan Pemilu 2019”.

Dalam sambutannya, Kombes Pol. Drs. Wahyono, M.Hum. mengatakan bahwa tahun ini kita dihadapkan dengan agenda Pilkada serentak 2018 dan tahapan Pemilu 2019. Selain itu, Provinsi Bali menjadi tuan rumah event internasional Annual Meeting IMF-World Bank 2018. “Dengan adanya berbagai kegiatan tersebut tentu akan mengerucut pada meningkatnya suhu politik, berdampak timbulnya potensi konflik sosial berupa isu hoax, radikalisme, ujaran kebencian dan sentimen sara yang dapat memecah belah persatuan bangsa,” ungkapnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, tidak ada alternatif lain bagi kita untuk senantiasa mengembangkan dan meningkatkan kinerja sehingga kita dapat melaksanakan tugas secara maksimal sesuai dengan ekspektasi pemerintah dan masyarakat. “Polri dalam melaksanakan tugas harus berorientasi kepada kebijakan strategis pimpinan Polri sebagaimana diamanatkan dalam 11 Program Prioritas Promoter Kapolri. Hal ini harus di awasi oleh Itwasda dan Bidpropam guna meminimalisir segala bentuk pelanggaran dan penyimpangan yang dilakukan oleh anggota Polri demi terwujudnya Polri yang makin profesional, modern dan terpercaya,” ucap Irwasda Polda Bali.

Lebih lanjut, perwira melati tiga di pundak ini mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan Rakernis tahun ini, para peserta akan mendapatkan materi dan pembekalan dari Pejabat Internal Polda Bali yang akan menambah wawasan, pengetahuan, pengalaman. Sehingga diharapkan hal tersebut dapat dielaborasi dalam pelaksanaan tugas pengawasan internal sehingga dapat meningkatkan kinerja yang lebih optimal sesuai dengan harapan masyarakat.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Irwasda Polda Bali menekankan kepada seluruh peserta Rakernis agar mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan jadikan Rakernis ini sebagai sarana berbagi informasi serta merumuskan cara bertindak dalam menangani berbagai permasalahan tugas di lapangan. Laksanakan kerja sama sinergis lintas fungsi dan lintas sektoral bersama institusi pemerintah, APIP, serta pengawas eksternal independen dalam upaya mewujudkan tranparansi dan akuntabilitas Polri.

Selain itu, peserta juga diminta untuk meningkatkan pengawasan dan waspadai potensi terjadinya pelanggaran disiplin maupun Kode Etik Profesi Polri yang dilakukan oleh anggota dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2018 dan tahapan Pilpres 2019. Tingkatkan profesionalisme penegakan hukum internal Polri, dengan menerapkan prinsip profesional, proporsional, transparan dan akuntabel serta menghindari penanganan perkara yang berlarut-larut dalam rangka menjamin keadilan, kepastian dan kemanfaatan hukum bagi para pencari keadilan;

“Pegang teguh dan laksanakan terus moto pengabdian Propam “sebagai garda terdepan penjaga citra Polri dan sebagai benteng terakhir pencari keadilan” dalam rangka mengimplementasikan program Propam sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik. Tumbuh kembangkan sikap proaktif dan inovatif dalam mengemban tugas dalam rangka menindaklanjuti pengaduan masyarakat, guna terwujudnya Polri yang makin profesional, modern, dan terpercaya,” pungkasnya.

Penulis  : Komang Arya

Editor    : Raden Dwi Chandra Narisa

Publish  : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password