Wakapolda Buka Secara Resmi Rakernis Fungsi Baharkam Polda Bali

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pengemban Fungsi Baharkam (Badan Pemeliharaan Keamanan), bertempat di Gedung Perkasa Raga Garwita (PRG) Polda Bali, Selasa (10/4/2018) pukul 09.00 Wita. Rakernis ini dibuka secara resmi oleh Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si. yang pada kesempatan tersebut didampingi Irwasda Polda Bali Kombes Pol. Drs. Wahyono, M.Hum.

Dalam sambutannya, Wakapolda Bali mengatakan bahwa Rakernis pengemban fungsi Baharkam yang meliputi Direktorat Binmas, Sabhara, Polair dan Pamobvit ini sangatlah penting dan bermanfaat. Disamping untuk meneruskan arahan dan kebijakan pimpinan, juga dapat dijadikan sebagai media untuk saling menyampaikan dan menerima berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanan tugas pokok fungsi Baharkam, guna menignkatkan kinerja baik pada tingkat Polda maupun Satuan Kewilayahan (Satwil).

“Diharapkan, kegiatan ini dapat mewujudkan kesamaan pendapat dan pandangan dalam rangka menghadapi berbagai permasalahan dan persoalan yang semakin komprehensif, guna mewujudkan pelayanan yang Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya),” ucap Wakapolda Bali.

Lebih lanjut, Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si. mengungkapkan bahwa situasi dan kondisi lingkungan global, nasional, maupun lokal yang saat ini terus berkembang dengan cepat, yang pada akhirnya akan memberikan dampak yang bersifat positif maupun negatif yang secara tidak langsung berpenaruh terhadap dinamika kehidupan di tengah masyarakat. Terlebih lagi pada tahun ini kita dihadapkan dengan kegiatan yang eskalasinya cukup tinggi, seperti kesiapan kita dalam pengamanan Pilkada serentak tahun 2018, pengamanan Annual Meeting IMF-WB 2018 dan pelaksanaan Pemilu Legislatif serta Pilpres tahun 2019.

“Fenomena konflik sosial dimungkinkan akan terjadi seperti aktivitas kelompok-kelompok radikal, perilaku intoleransi, anti kebhinekaan, provokasi, penyebaran berita bohong (hoax) yang mengakibatkan kerentanan emosional masyarakat atau sentiment egosentris sehingga mudah terprovokasi oleh isu-isu negatif yang berkembang,” terangnya.

Menyikapi dan mencermati situasi serta kondisi tersebut, Wakapolda Bali meminta kepada jajaran pengemban fungsi Baharkam Polri untuk mampu profesional dan proporsioanl dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan yang nyata untuk mudah dipahami semua kalangan masyarakat. Hal ini dilakukan agar kedepan Direktorat Fungsi Baharkam jajaran Polda Bali terus eksis dan dapat memberikan pelayanan yang prima serta membangun kemitraan yang baik dengan masyarakat.

“Dalam hal pelaksanan tugas, kita tidak dapat melaksanakannya secara parsial, tetapi diperlukan koordinasi dan keterpaduan serta sinergitas dengan seluruh Stake Holder. Untuk itu, mari kita jalin kerjasama antar seluruh komponen baik dari TNI, Pemerintah Daerah maupun Stake Holder lainnya, untuk bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif,” pungkasnya.

Mengakhiri sambutannya, Wakapolda Bali meminta kepada seluruh peserta Rakernis, agar mengikuti dan menyimak seleuruh rangkaian kegiatan ini serta berharap hal ini dapat diiplementasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari guna mewujudkan keamanan dalam negeri.

Hadir dalam acara pembukaan Rakernis Fungsi Baharkam yaitu Pejabat Utama Polda Bali, Kapolres se-Bali, serta diikuti oleh lebih dari 700 peserta yang merupakan gabungan dari personel Direktorat Binmas, Sabhara, Polair dan Pamobvit Polda Bali.

Penulis  : Komang Arya

Editor    : Raden Dwi Chandra Narisa

Publish  : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password