Taklimat Awal Wasrik Rutin Polda Bali Tahap I T.A. 2018, Wakapolda Bali: Wasrik Bukan Untuk Mencari Kesalahan Namun Merupakan Upaya Perbaikan

Polda Bali – Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si. didampingi Irwasda Polda Bali Kombes Pol. Drs. Wahyono, M.Hum. membuka secara resmi Taklimat Awal Wasrik Rutin Polda Bali Tahap I T.A. 2018, Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian, bertempat di Gedung Rupatama Polda Bali, Selasa (10/4/2018) pukul 08.00 Wita. Acara ini dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Bali, Kapolres se-Bali, para Kabag, Kasubdit, Kasubbid, dan Kasubbag Renmin Satker jajaran Polda Bali.

Dalam sambutannya, Wakapolda Bali mengatakan bahwa manajemen adalah suatu ilmu dan seni dalam proses mengerahkan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam proses manajemen ada beberapa aspek atau fungsi yang wajib digunakan yaitu POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controling). Keempat aspek manajemen tersebut merupakan suatu keharusan yang wajib dilakukan oleh suatu organisasi.

“Aspek perencanaan dan pengorganisasian memiliki nilai yang sangat penting dalam pengelolaan organisasi pemerintahan khususnya Polri Polda Bali. Semakin baik perencanaan dan pengorganisasian, maka akan semakin positif pengaruhnya terhadap proses manajemen berikutnya yaitu pelaksanaan dan pengendalian sehingga tujuan organisasi dapat dicapai secara efektif dan efisien,” ungkap Wakapolda Bali.

Lebih lanjut, Jenderal bintang satu di pundak ini menyampaikan bahwa dalam mewujudkan program kepolisian yang Promoter selain upaya peningkatan kemampuan SDM, sarana prasarana berbasis IT, pengawasan juga merupakan suatu keharusan yang mutlak dilaksanakan untuk memastikan apakah pelaksanaan tugas dan fungsi manajemen tersebut telah sesuai dengan apa yang ditetapkan.

“Pengawasan sangat diperlukan untuk memastikan dan menjamin bahwa tugas-tugas organisasi terlaksana dengan baik dan mencegah sedini mungkin terjadinya penyimpangan, pemborosan, risiko/hambatan, kesalahan dan kegagalan dalam pencapaian tujuan organisasi. Selain itu, pengawasan harus dilaksanakan secara konsisten untuk menjamin tercapainya tujuan organisasi,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si. meminta kepada pengemban fungsi pengawasan, dalam hal ini Itwasda Polda Bali, untuk melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan rutin Tahap I T.A. 2018 sesuai dengan Program Kegiatan Pemeriksaan Tahunan (PKPT) yang telah dibuat. Dimana, pelaksanan Wasrik Rutin Itwasda Polda Bali pada Satker dan Satwil jajaran Polda Bali dimulai dari tanggal 10 sampai dengan 27 April 2018.

Sementara kepada masing-masing Kasatker/Kasatwil, Jenderal asal kerambitan ini meminta agar mampu me-manage atau memanfaatkan segala sumber daya yang ada untuk melaksanakan perennya. Selain itu, bangun komunikasi dan koordinasi yang baik sehingga dicapai kesamaan persepsi dalam memperbaiki permasalahan atau temuan yang ada.

“Pelaksanaan Wasrik bukanlah untuk mencari kesalahan namun merupakan upaya perbaikan terhadap kelemahan yang ada sehingga kinerja Polda Bali akan dapat ditingkatkan dan menjadi semakin baik. Semoga melalui Wasrik ini dapat membawa manfaat bagi peningkatan kinerja Satker/Watwil jajaran Polda Bali sebagaimana harapan kita semua dan masyarakat Bali pada umumnya,” imbuhnya.

Penulis  : Komang Arya

Editor    : Raden Dwi Chandra Narisa

Publish  : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password