Ngaku Polisi, Komplotan Ini Tipu Wanita Melalui Medsos

Tribratanews.polri.go.id. Polda Riau – Malang Nian nasib perempuan bernama YT (31thn), warga Desa Rambah Tengah Utara Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu – Riau ini, ia ditipu oleh seorang lelaki yang mengaku Polisi di Facebook. Ternyata pelakunya adalah adalah Narapidana kasus Curanmor yang sedang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau dan telah ditangkap oleh Pihak aparat Polda Riau.

Sebagaimana dijelaskan oleh Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, SIK,MM diruang kerjanya hari ini (23/01/2017) peristiwa ini bermula dari seorang Narapidana di Lapas Pasi Pangaraian Kabupaten Rokan Hulu Riau bernama PR (18thn) membuat sebuah Akun Facebook dengan nama palsunya di Facebook “Hilman Bintara” yang mengaku Polisi. PR ini kemudian mengambil ./ mendownload foto foto seorang anggota Polisi asli yang memang bernama “Hilman Bintara”. Dengan mengaku ngaku Polisi bernama Hilman Bintara Napi di Lapas ini berkenalan dengan seorang korbannya melalui Facebook bernama YT (31thn).

Ilustrasi: Internet
Ilustrasi: Internet

Kemudian Napi bernama PR ini melakukan Add teman ke akun FB bernama YT dan PR merayu YT dengan berjanji akan menikahinya, dan meminta YT mengirimkan sejumlah uang. YT percaya saja karena memang PR ini di Facebook menggunakan nama Hilman Bintara lengkap dengan baju dinas polisi dengan bed nama Hilman Bintara. Semua foto foto Hilman Bintara yang berbaju dinas maupun dengan baju sipil di download dan di upload ulang oleh PR seolah olah akun Facebook ini adalah Hilman Bintara yang asli. Hal ini membuat YT makin yakin bahwa akun Hilman Bintara ini adalah akun asli si Polisi bernama Hilman Bintara.

Baca juga :http://tribratanews.polri.go.id/?p=38708

Setelah mampu membuat perangkap pada perempuan YT, maka lelaki PR yang mengendalikan akun Facebook Hilman Bintara dari dalam jeruji Penjara ini merayu YT bahwa ia menikahi korban. Dengan segala gerak tipunya ia mampu meminta YT mengirimkan uang berkali kali hingga total uang di transfer sebesar Rp 415.000.000 (empat ratus lima belas juta rupiah). Kendala dalam membuat rekening ini lalu PR meminta teman dia yang lain dari balik tembok jeruji penjara agar membuat rekening.

Rupanya Gayung bersambut, Tiga orang teman PR bernama BYD, DD dan RD dari luar jeruji penjara membantu membuatkan rekening untuk menampung aliran dana transfer dari YT. Mereka yang diluar penjara ini membuat sebuah rekening khusus dan menampung aliran dana dari korbannya bernama YT ini. Hingga total uang dikirim YT hampir setengah Milyar barulah YT sadar bahwa ia sedang ditipu oleh orang yang hanya dikenalnya melalui Facebook.

Setelah melapor ke Polisi, Inteligen Polisi di Polda Riau langsung bergerak cepat dan menangkap ketiga pelaku ini. “Ketiga pelaku ini kini sudah kita amankan dan kita proses sesuai hukum yang berlaku” kata Guntur sambil menutup pembicaraan. (*)

Penulis: Antoni

Editor: Kang Iqbal

Publish: Anggi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password