Begini Rekayasa Lalin Saat Uji Coba Underpass Matraman

tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Sehubungan dengan uji coba open traffic underpass Matraman-Salemba, Jakarta Pusat, hari ini, Selasa (10/4), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menerapkan rekayasa lalu lintas di Simpang Matraman dan Simpang Megaria.

“Sehubungan dengan uji coba open traffic underpass Matraman-Salemba, akan dilakukan rekayasa lalu lintas,” ujar Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto.

Sementara itu, dibangunnya underpass Matraman-Salemba ini bertujuan untuk mengakomodir kendaraan yang melintas dari arah Matraman Dalam menuju Pramuka dan Jatinegara.

3

Adapun rekayasa lalin yang akan diterapkan sebagai berikut.

Pengaturan di simpang Matraman (Salemba Raya-Matraman Dalam)

– Arah lalu lintas pada flyover Matraman yang semula diberlakukan sistem pengaturan lalu lintas dengan pembagian waktu akan dikembalikan seperti semula.

– Arus lalu lintas dari Jatinegara menuju Pasar Senen dan Pramuka yang semula dialihkan melalui Matraman Dalam-Jalan Proklamasi-Jalan Diponegoro-Jalan Salemba Raya akan diberlakukan kembali seperti kondisi awal. Dinding pembatas akan dibuka sehingga pengguna jalan bisa langsung lurus menuju Senen.

Pengaturan di Samping Megaria (Jalan Proklamasi-Jalan Diponegoro)

– Akan dilakukan penyesuaian terhadap fase dan waktu siklus lampu lalu lintas di Simpang Megaria.

– Pada ruas Jalan Proklamasi mulai dari Simpang Megaria sampai dengan Simpang Jalan Proklamasi-Jalan Penataran akan diberlakukan sistem satu arah dari utara menuju selatan.

– Jalan Penataran yang semula dua arah akan diberlakukan sistem lalu lintas satu arah ke utara (Jalan Proklamasi-Jalan Diponegoro).

– Arus lalu lintas dari Mangunsarkoro diberlakukan larangan belok kanan.

– Arus lalu lintas dari Manggarai menuju arah barat/timur melalui Jalan Proklamasi-Jalan Penataran-Jalan Diponegoro.

– Arus lalu lintas dari Manggarai menuju Pramuka/Jatinegara belok kanan di samping Tambak melalui Matraman Dalam-masuk underpass (lurus ke Pramuka dan kanan Jatinegara), sementara arus lalin menuju Menteng melalui Jalan Proklamasi-Jalan Penataran-lurus ke arah Menteng, belok kanan ke RSCM, dan kiri ke Imam Bonjol.

– Arus lalin dari Menteng menuju Pramuka dan Jatinegara melalui Jalan Proklamasi-Matraman Dalam-masuk underpass Matraman.

– Arus lalin dari Imam Bonjol menuju Pramuka dan Jatinegara belok kanan di samping Megaria-Jalan Proklamasi-Jalan Matraman Dalam-underpass Matraman.

Selain itu, Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap menaati imbauan Kepolisian.

“Diimbau kepada para pengguna jalan agar menyesuaikan pengaturan lalu lintas tersebut,” imbuh AKBP Budiyanto.

(vi/lm/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password