Masyarakat Antusias Gunakan Aplikasi Sasirangan, Sudah Diunduh 5 Ribu Orang

Tribratanews.polri.go.id-Gebrakan dilakukan Polda Kalsel guna memudahkan layanannya kepada masyarakat, dengan membuat aplikasi Sasirangan yang berbasis online. Lewat aplikasi ini semua layanan bisa dilakukan hanya dengan hp andoid. Layanan itu seperti, pengaduan online, SKCK online, SP2HP online, perizinan, pengawalan, peta kantor polisi, informasi dan layanan kepolisian, informasi DPO, serta tombol darurat (panic button).

Aplikasi tersebut telah bisa diunduh di smartphone Android melalui toko aplikasi Play Store dan juga bisa diakses melalui website sasirangan.kalsel.polri.go.id

Saat ini aplikasi tersebut telah diunduh sebanyak sekitar 5 ribu kali baik dari kalangan masyarakat maupun anggota kepolisian. Itu karena Sasirangan memiliki dua aplikasi berbeda yang digunakan oleh masyarakat dan jajaran polisi.

Sementara untuk laporan yang saat ini paling banyak ditemukan yaitu soal laporan kehilangan sebanyak 4 ribuan laporan. Kemudian di sisi lain laporan kejadian juga menjadi salah satu yang terbanyak dengan jumlah laporan 200 entri.

Aplikasi Sasirangan resmi diluncurkan oleh Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) yang ditujukan untuk mempermudah layanan masyakarat. Selain itu aplikasi ini juga sebagai bentuk aktualisasi Polda Kalsel salam memafaatkan teknolgi.

“Aplikasi tersebut tujuannya adalah memudahkan masyarakat mengakses mana kala ada kepentingan yang harus ditangani oleh kepolisian dalam hal ini pelayanan. Apabila masyarakat mudah mengakses pelayanan, masyarakat tidak perlu repot-repot lagi, (datang ke kantor polisi),” ungkap Kapolda Kalsel Bigjen Pol Rachmat Mulyana, di waktu yang sama.

Meski demikian untuk soal kecepatan respons, dia mengaku karena bekerja secara online maka tergantung pada kualitas jaringan. Selain itu bisa juga tergantung pada kecepatan respons anggota kepolisian sendiri.

“Ya anggap lah sistem ini sudah bagus secara teknologi tapi tergantung juga ke jaringannya. Kalau kecepatan bagaimana kembali ke anggota, semua lini berperan aktif.,” katanya.

penulis   : Anang

editor    : Alfian

publish : Hamsan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password