Rakernis Ditbinmas Polda DIY, “Optimalisasi Kualitas Fungsi Binmas Polda DIY dan Jajaran dalam Rangka Mendukung Kegiatan Imbangan Pengamanan Pilkada Serentak 2018 dan Menyongsong Pemilu 2019”

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Kapolda DIY diwakili Wakapolda Kombes Pol Drs. Teguh Sarwono, M.Si., membuka Rakernis Ditbinmas Polda DIY di Gedung Serbaguna Polda DIY, Selasa (3/4/2018). Dengan tema “Optimalisasi kualitas fungsi Binmas Polda DIY dan Jajaran dalam rangka mendukung kegiatan imbangan pengamanan Pilkada serentak 2018 dan menyongsong Pemilu 2019”.

“Pemilu tahun 2019 merupakan agenda Nasional yang didalamnya sarat dengan berbagai kepentingan sekaligus kompleksitas permasalahan yang dikwatirkan menimbulkan dampak negatif,” tutur Wakapolda DIY.

Kapolri telah memerintahkan seluruh jajaran Polri baik pusat maupun wilayah yang ada Pilkada ataupun tidak seperti di Jogjakarta harus mampu maksimal melakukan langkah-langkah antisipasi munculnya konflik sosial yaitu dengan pembentukan Satgas Nusantara yang mengedepankan fungsi Intelkam, Binmas, Reskrimsus dan Humas.

“Untuk mencegah Berbagai gangguan Kamtibmas terkait dampak Pilkada serentak Polda DIY melalui peran preentif para Bhabinkamtibmas untuk menyadarkan masyarakat untuk tidak terpengaruh dampak Pilkada di lain daerah,” pesan Kapolda DIY yang dibacakan oleh Wakapolda DIY.

Pelaksanaan Rakernis sebagai implementasi terkait program atau kebijakan ditingkat baharkam Polri, maupun Korbinmas Baharkam Polri dan memberi bekal pemahaman wawasan kepada jajaran fungsi Binmas di tingkat Direktorat Binmas, Unitbinmas maupun para Bhabinkamtibmas. Serta menyamakan persepsi dan Pola tindakan jajaran Binmas Polda DIY dalam rangka antisipasi munculnya kerawanan Kamtibmas, sebagai dampak pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 dan menyongsong pemilu tahun 2019.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Irwasda Polda DIY Kombes Pol.Adi Wibowo, SH. tentang fungsi pengawasan dan Inspektorat, Dirbinmas Polda DIY Kombes Pol Rudi Heru Susanto, SH, MH. menyampaikan arahan dan sosialisasi hasil Rakernis Baharkam 2018, Dir Intelkam Polda DIY menyampaikan tentang prediksi dan antisipasi kerawanan. Dirreskrimum Kombes Pol Dr. Hadi Utomo, SH., M.Hum. menyampaikan Strategi Penanganan Gangguan kamtibmas dan Kasubbid Dokpol Biddokkes Kompol dr. D. Aji Kadarmo, SPF., DFM. tentang Olah TKP dari Aspek Medik, serta ditutup oleh Kasubdit Bintibluh AKBP Sinungwati, SH., MIP. tentang fungsi pembinaan dan penyuluhan.

Rakernis ini dihadiri oleh Seluruh Pejabat Utama Polda DIY, Para Kasat Binmas Polres/ta jajaran, Kanit Binmas Polsek dan Personil Ditbinmas, Satbinmas serta 445 Bhabinkamtibmas se Jajaran Polda DIY.

penulis : M.Fajar
editor : Raden Dwi Candra
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password