Road Safety: Polantas Jambi Masuk Pesantren

Tribratanews.polri.go.id – Jajaran Ditlantas Polda Jambi melakukan Sosialisasi Roadsafety di pesantren Al Muttaqin di Desa Ibru Muaro Jambi dilanjutkan Sholat Jumat bersama

Rombongan Ditlantas di bawah pimpinan Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Jambi AKBP Deden Nurhidayatullah SH,SIK. Sesuai kebijakan Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Didik Mulyanto SH, SIK. Sengaja mengunjungi pondok pesantren Al Muttaqin utk melaksanakan Sosialalisasi Roadsafety dan Sholat Jumat bersama. Dimaksudkan bhw Pondok pesantren merupakan wadah sekaligus metode pendidikan yg tertua yg sdh ada di nusantara, maka itu juga Pesantren sering di sebut sbg “THE GREATEST TRADITION OF INDONESIAN”

Dikatakan oleh Deden,”Pondok pesantren sebagai wadah pendidikan, memiliki kekhasan yaitu selain Tak’lim atau pembelajaran jg melaksanakan kegiatan Tak’dib atau pembentukan, yaitu adab!”
Maka itu ketika kami mensosialisasikan Road Safety seputar 7 Pelanggaran yg berpotensi fatalitas kecelakaan diharapkan para santri mengerti dan faham, selanjutnya dapat diimplementasikan dlm kesehariannya, sehingga dapat dicontoh lingkungan sekitarnya, karena Para Santri ini merupakan Role Model bagi lingkungannya, selain adab iman dan taqwa kami coba sisipkan ttg pengetahuan tertib lalu lintas, berkaitan dgn Role Model tadi, maka Adik2 Santri merupakan Sarana Ampuh untuk bisa menularkan adab/ perilaku tertib lalu lintas di lingkungan sekitarnya, sebagaimana kita ketahui bhw pesantren ini berbeda dgn sistem pendidikan lainnya yg cenderung terlokalisir melainkan senantiasa membaur dengan masyarakat sekitarnya.

Deden mengatakan, sesuai Tridharma pesantren yg tiga butir, yaitu: Keimanan dan Taqwa hanya kpd Allah SWT, Pengembangan Ilmu yg bermanfaat dan terakhir yaitu Pengabdian kpd Masyarakat, Agama dan Negara. Pondok Pesantren senantiasa menjadi benteng terakhir terhadap pembenahan perilaku umat manusia, sisi inilah yg menjadi perhatian kami untuk terus dikelola dan dikembangkan.

IMG-20180406-WA0236 IMG-20180406-WA0235 IMG-20180406-WA0238

Penulis : Fidel

Editor : Raden Dwi

Publish : Lilik Adhi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password