Sat Binmas Polres Majene Gelar Rakor Binteknis Kepada Polsus

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Guna menindak lanjuti Rapat Koordinasi Bimbingan Tehnis Kepolisian khusus dan Penyidik PPNS yang telah dilaksanakan oleh Jajaran Polda Sulbar, Satuan Binmas Polres Majene melaksanakan koordinasi pengawasan dan pembinaan terhadap Polsus Satpol PP.

Dipimpin langsung oleh Kaur Bin Ops Sat Binmas Ipda Hendrik bersama Kanit Binkamsa Polres Majene Aiptu Muh Hamjad pihaknya menjelaskan kegiatan ini dilakukan guna mensinergikan peran Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Satuan Polisi Pamong Praja dalam rangka penegakan Peraturan Daerah, Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, Tuturnya kepada tribratanewssulbar.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kasat Pol PP Kab Majene Drs Mas’ud S. Sos beserta para Kabid / Kasi dan seluruh personil Sat Pol PP Kab Majene, Selasa (27/3/18) di aula kantor Sat Pol PP Kab Majene.

Dihadapan para personil satpol PP, pihaknya menjelaskan langkah-langkah atau tindakan dari Satpol-PP yang benar atau tidak dipersalahkan secara hukum.

Didalam UU No. 22 tahun 2002 di pasal 13 menjelaskan fungsi kepolisian adalah salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan kamtibmas, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman  dan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, pengemban fungsi kepolisian adalah Polri yang dibantu oleh tiga komponen yaitu Polsus, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), dan atau bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.

Tiga komponen inilah yang diberi wewenang oleh Polri untuk membantu Polri dalam melaksanakan tugas-tugasnya, termasuk Satpol PP yang merupakan bagian dari Polsus yang membantu Polri dalam mengemban fungsi kepolisian dalam penegakan perda.

Ia juga menegaskan, semua instansi yang melaksanakan tindakana terbatas, itu adalah Polsus, termasuk Satpol PP. Satpol PP dasar hukumnya adalah Undang-undang (UU) nomor 23 tahun 2014.

Harapannya, melalui kegiatan ini Polri dan Polsus dalam hal ini Satpol PP bisa lebih bersinergi dalam menunaikan tugas-tugas negara dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Penulis : Humas Polda Sulbar

Editor   : Alfian

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password