Tata Cara Persyaratan Pembuatan SKCK di Polres Metro Jakarta Utara dan Polsek Jajaran

pengurusan SKCK

Tata Cara Persyaratan Pembuatan Skck Di Polres Metro Jakarta Utara Dan Polsek Jajaran

Polres Metro Jakarta Utara dan Polsek jajaran dalam memberikan pelayanan penertiban Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( SKCK ), yang dulu lebih dikenal dengan nama Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB), merupakan surat yang diterbitkan Kepolisian Republik Indonesia melalui Kepolisian Sektor (Polsek) atau Kepolisian Resort (Polres) setempat yang berisikan tentang catatan seseorang yang terdapat dalam data kepolisian.

SKCK diperlukan untuk berbagai macam urusan administrasi ataupun sebagai prasyaratan untuk berbagai kebutuhan, misalnya sebagai syarat untuk mengikuti Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), mendaftar Calon TNI / Polri, melamar pekerjaan, dan lain sebagainya. SKCK hanya berlaku selama 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan dan bisa diperpanjang jika diperlukan.

Selama ini sebagian masyarakat ada yang beranggapan bahwa mengurus atau mendapatkan SKCK itu sulit walaupun sebenarnya sama sekali tidak, jika anda memahami prosedur dan tata caranya, pembuatan SKCK ini bisa selesai dalam waktu singkat.

Untuk memudahkan masyarakat calon pemohon akan kami sampaikan proses pengurusannya mulai dari bagaimana proses pengurusannya di Polres / Polsek tentu saja seiring dengan perkembangan teknologi, juga akan diuraikan cara mengurus SKCK melalui fasilitas online.

Mungkin cara yang terakhir ini yang paling mudah untuk mendapatkan SKCK karena anda tidak perlu mondar-mandir dan bisa dikerjakan dari rumah, pahami juga segala persyatratan yang diperlukan serta   biaya yang harus dikeluarkan berikut ini tata cara selengkapnya.

STANDAR PELAYANAN

PENERBITAN SKCK

  1. PENDAHULUAN

Keterbukaan informasi publik sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 dimana badan publik berkewajiban menyediakan pelayanan informasi publik yang cepat, mudah, tepat, transparan dan akuntabel kepada pemohon informasi.

Bahwa seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga Negara dan penduduk tentang peningkatan pelayanan publik, penyelenggaraan pelayanan publik diharuskan melakukan pelayanan prima untuk membangun kepercayaan masyarakat khususnya pelayanan SKCK mulai dari tingkat Polsek sampai dengan Mabes Polri.

  1. STANDAR PELAYANAN

            JENIS PELAYANAN : SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN ( SKCK )

NO. KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum a.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 tentang       Kepolisian Negara Republik Indonesia;

 

b.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara RI Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 5038);

 

c.      Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara No.15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standart Pelayanan;

 

d.      Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2014 tanggal 28 November 2014 tentang Tata cara penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian

 

e.      Peraturan Pemerintah Nomor : 60 Tahun 2016 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak pada Polri, tanggal 02 Desember 2016

 

f.        Reformasi Birokrasi Polri;

 

2. Persyaratan Pelayanan a.  Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) / dengan menunjukan asli;

 

b.  Fotokopi Kartu Keluarga (KK);

 

c.  Fotokopi Akte lahir/kenal lahir

 

d. Fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP;

 

e.  Pas photo ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar latar belakang merah;

 

 

3. Sistem, mekanisme dan prosedur Catatan :

Pemohon mengajukan permohonan SKCK sesuai dengan lingkup keperluannya ke Polres dengan persyaratan  :

1)   Fotokopi Kartu tanda penduduk (KTP) / dengan menunjukan asli;

2)   Fotokopi Kartu keluarga (KK);

3)   Fotokopi Akte lahir / Kenal lahir;

4)   Fotocopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP;

5)   Pas photo ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar latar belakang merah

 

a.      Setelah diterima di loket, petugas akan meneliti persyaratan pemohon

b.      Petugas memberikan daftar pertanyaan dan persyaratannya kepada pemohon dan apabila pemohon belum memiliki rumus sidik jari maka dilanjutkan dengan pengambilan sidik jadi oleh fungsi Reskrim (Identifikasi/Inafis);

c.      Pemohon menyerahkan kembali daftar pentanyaan  kepada petugas

d.      Dilakukan penelitian kesesuaian/kecocokan dokumen persyaratan dan ada  tidaknya Catatan Kepolisian pemohon;

e.      Apabila berkas pemohon dinyatakan lengkap maka permohonan SKCK pemohon akan diproses dan bila hasil penelitian ternyata berkas belum lengkap  maka dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi

f.        Apabila ada hal-hal yang meragukan dalam hasil penelitian maka akan dilakukan koordinasi dengan pihak Internal dan eksternal;

g.      Dan apabila tidak diketemukan hal-hal yang meragukan dan  pernohonan sudah melengkapi persyaratan maka diterbitkan SKCK sesuai keperluan pemohon

 

4. Jangka waktu pelayanan Proses penerbitan SKCK 1 (satu) hari kerja, proses 2 (dua) jam selesai, terhadap pemohon yang telah melengkapi persyaratan yang diperlukan, waktu pelaksanaan pelayanan penerbitan SKCK dilaksanakan setiap hari kerja dari pukul 08.00 s/d 15.00 Wib.

 

5. Biaya / tarif a.      Biaya SKCK Rp. 30.000,- (tigapuluh ribu rupiah)

b.      Dasar Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis danTarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak pada Polri, yang berlaku sejak tanggal 06 Januari 2017.

 

6. Produk Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( SKCK)

 

 

7. Sarana Prasarana Tersedianya :

 

a.      Loket dan Ruang tungggu / ruang pelayanan

b.      Komputer dan Printer

c.      Kursi/meja

d.      Alat Tulis kantor

e.      Informasi tarif

f.        Informasi mekanisme / prosedur dan persyaratan SKCK

g.      Kotak / sarana pengaduan

 

8. Kompetensi Pelaksana a.       Brigadir

b.       Memahami Peraturan per-Undang-Undangan yang berlaku;

c.       Mampu mengoperasikan computer

d.       Mampu bekerja dalam Tim

 

9. Pengawas Internal a.      Dilakukan oleh atasan langsung;

b.      Dilakukan oleh Aparat Fungsional;

c.      Dilaksanakan secara continue;

d.      Konsisten dalam memberikan teguran / sanksi dan reward / penghargaan.

 

10. Penanganan pengaduan, saran dan masukan Melalui :

 

a.      Kotak saran / pengaduan

b.      Telpon 0214374524

c.      Fax mile : 0214374524

d.      SMS : 08129424483

e.      E-MAIL : yanminsatikresju@gmail.com

 

11. Jumlah Pelaksana Petugas pelayanan SKCK 2 (dua) orang.

 

 

12. Jaminan Pelayanan Diwujudkan dalam kualitas proses layanan dan produk layanan yang didukung oleh petugas yang bekompeten di bidang tugasnya dengan perilaku pelayan yang terampil, cepat, tepat dan santun.

Terpampang motto : “ Anda datang saya siap melayani, kepuasan anda adalah kenbanggaan kami “.

Terpampang visi : “ Mewujudkan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, tepat, berkwalitas dan bertanggung jawab sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku “.

Terpampang misi : “ Meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat secara profisional dan proforsional yang didukung oleh sarana dan prasarana”.

13. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan a.      Keamanan produk memiliki spesifikasi teknis khusus yang terdapat dalam blangko SKCK.

 

b.      SKCK dibubuhi tanda tangan serta cap basah, sehingga dijamin keasliannya;

c.      Keselamatan dan kenyamanan dalam pelayanan sangat diutamakan dan bebas dari praktek pencaloan dan suap;

d.      Menyiapkan sarana loket khusus bagi masyarakat dalam pelayanan SKCK

 

14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Evaluasi Kinerja Pelayanan dilakukan melalui pengukuran penerapan 14 komponen standar pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya setiap 1 tahun (penelitian/survey internal/ekternal).

 

                                                                                          Jakarta,       Maret  2018

                                                                        a.n. KEPALA KEPOLISIAN RESOR METRO JAKUT

                                                                                                KASAT INTELKAM

           HARYONO, SH

                                                                     AJUN KOMISARIS BESAR POLISI NRP 60110637

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password