Dua Penambang Pasir Gunung Merapi Tertimbun Material Longsor, Satu Luka-luka, Satu Meninggal Dunia

21 longsor

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, dua orang penambang pasir menjadi korban material longsor dengan ketinggian tebing 11 meter. Dari dua korban tersebut, satu dinyatakan meninggal ditempat dan satunya lagi luka-luka. Warga yang meninggal tersebut bernama Winarno (31) alamat Kepuharjo Cangkringan dan Maryadi (46) warga Tangkisan Umbulharjo Cangkringan mengalami luka luka, Senin (19/03/2018).

Tragedi longsor tersebut berada di lokasi tambang pasir tradisonal di Dusun Gondang Tangkisan Umbulharjo Cangkringan. Menurut Informasi yang dihimpun petugas di sekitar lokasi kejadian , korban berdua dari jam 07.00 Wib sudah mulai aktifitasnya  menambang pasir di tempat kejadian dengan cara menggali pasir di dasar tebing yang dilakukan secara manual. Ketika  sedang melaksanakan aktiftasnya  mengali pasir, sekitar pukul 10. 30 Wib tiba-tiba tebing setinggi  sekitar 11 meter yang berada di dekatnya runtuh dan menimpa korban. Beruntung korban Maryadi (46) bisa menyelamatkan diri walaupun terluka, sedangkan korban Winarno (31) tidak bisa menyelamatkan diri dan tertibun material runtuhan tebing.

Setelah setengah jam dilakukan evakuasi oleh petugas gabungan dari Polsek Cangkringan dan SAR DIY Unit Cangkringan beserta warga masyarakat, baru sekitar jam 11. 00 Wib korban atas Winarno berhasil diketemukan dalam keadaan meninggal dunia karena tertimbun material sedalam satu setengah meter. Karena tidak adanya alat berat sekitar lokasi, terpaksa  evakuasi dilakukan dengan cara manual dan dengan alat   seadanya.

Korban Selamat atas nama Maryadi pada saat itu juga di dilarikan ke RSU Panti Nugroho Pakem untuk mendapatkan pertolongan sedang korban meninggal dunia atas nama Winarno (31) dibawa keluarga untuk dimakamkan.

penulis : Ari
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password