Kapolda Papua Melaksanakan Sambang Desa dan Peresmian Dimulainya Pembangunan Markas unit Danau Polair

Tribratanews.polri.go.id, Polda Papua – Bertempat di Kampung Sereh Danau Sentani Kab. Jayapura telah berlangsung kegiatan Sambang Desa dan Peresmian dimulainya pembangunan markas unit Danau Sentani Jayapura TA. 2018 oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, M.H, Sabtu (24/03/2018).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, M.H, Irwasda Polda Papua Kombes Pol Drs. Mulyadi Kaharni. M. Si. Karo Ops Polda Papua Kombes Pol Gatot Hari Bowo S. IK, Karo Sarpras Polda Papua Kombes Pol Sus Edy Tafip, S. St, M.K, Dir Sabhara Polda Papua Kombes Pol Drs. Yan Frit Kaiway, Dir Polair Polda Papua Kombes Pol Yulius Bambang Karianto, Kabid Humas Polda Papua Kombes Drs.  Ahmad Musthofa Kamal, SH, Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol Jannus Perlindungan Siregar, SIK, Kabid Dokes Polda Papua Kombes Pol Dr. Ramon Amonan, Kabidkeu Polda Papua Kombes Pol Takwil Ichsan, S.E.Ak.M.Si, Kapolres Jayapura AKBP Victor D. Mackbon, SH.S.IK.,MH.M.Si, Ketua pelaksana harian Doktor SHARE ( doktor peduli ) Bapak Kiman Karel, Dipl., Ing, Kapolsek Sentani Kota Kompol Hakim Sode, SH, Dan Pom Lanud Jayapura Mayor Iwan Suebu, Bupati Jayapura di wakili oleh Asisten I Setda Kab. Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, Kasat Sabhara Polres Jayapura AKP Elias Endang, Kasat Intelkam Polres Jayapura Iptu Budi Santoso, S.Sos, Ondofolo Sereh Boy Eluay, Ondoafi Putali Neles Monim, Ondoafi Ifale Jhony Suebu, Kepala suku sereh Amos Ondikleuw, Kepala Suku Sereh Karlos Assa, Kepala Suku Sereh Edison Yoangka, Kepala suku sereh sekaligus juru bicara Ondo Sereh Yosafat Eluay dan 300 orang tamu undangan dan masyarakat seputaran danau sentani.

Kepala Suku Kampung Sereh Yosafat Eluay dalam sambutannya mengatakan dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat allah yang maha kuasa atas berkenannya hari ini dan saat ini pula kita berada di tempat ini di halaman dan di kampung ondofolo sereh mikael eluay,saya berdiri disini sebagai ondofolo sereh atas nama kepala kampung dan kepala suku sereh sekaligus atas nama seluruh komponen masyarakat adat kampung sereh pada kesempatan yang berbahagia ini menyampaikan hormat dan doa restu pada acara kegiatan kapolda papua beserta jajarannya dalam rangka sambang rasa dan peresmian di mulainya pembangunan markas unit danau sentani kab.jayapura.

Bupati Jayapura dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten I Setda Kab. Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos mengatakan bahwa, 139 kampung , 5 kelurahan dan luas kabupaten jayapura kurang lebih 17.000 km2, 19 Distrik dan sentani sebagai Ibu kota Kabupaten Jayapura, sebagai Distrik yang bersejarah dalam sepanjang sejarah pemerintahan memiliki ciri khas dan memiliki karasteristik yang begitu elok dan indah yang begaimana hari ini bisa kita lihat indahnya danau sentani seutuhnya.

Sebagaimana agenda hari ini yang merupakan rangkaian kunjungan kasih atau sambang bapak kapolda bersama masyarakat kabupaten jayapura khususnya di Distrik Sentani Kampung sereh yang kita cintai bersama ini merupakan satu rangkaian yang tidak terlepas dari kebijakan kebijakan pemerintah kabupaten jayapura yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan kemasyarakatan.

82ab233d-46d0-4612-bd42-d3e12b917edb

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH, mengatakan, Kegiatan sambang kampung dan tatap muka dengan tokoh – tokoh masyarakat serta elemen masyarakat yang ada di wilayah sentani khususnya di danau sentani dan sekitarnya merupakan salah satu bentuk nyata dan bukti Polri dalam hal ini Polda Papua untuk mendekatkan diri dan menjalin komunikasi serta membangun kemitraan dan sinergritas dengan para ondofolo, kepala suku, kepala kampung, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya serte seluruh elemen masyarakat sentani dalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban yang merupakan kebutuhan kita bersama.

Lanjut Kapolda Papua, Dalam kegiatan ini juga akan dilakukan pembangunan fisik markas Ditpolair Polda Papua yang diharapkan dapat menjadi starting point dari kepolisian perairan untuk menjaga keamanan dan ketertiban perairan danau sentani dan sekitarnya.

“Dengan dibangunnya markas unit Kepolisian Perairan Polda Papua ini, maka Polair sebagai pengemban fungsi perairan di wikayah perairan Polda Papua diharapkan mampu memberikan pelayanan, perlindungan dan oengayoman masyarakat secara maksimal diperairan danau sentani dan sekitarnya agar kemanan dan ketertiban masyarakat tetap terpelihara,” kata Kapolda Papua.

Lagi, Kapolda menambahkan, Kehadiran markas unit Dit Polair Polda Papua tidak hanya akan digunakan untuk pelayanan, perlindungan dan pengayoman serta pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat sekitar danau sentani, tetapi untuk pelayanan kesehatan masyarakat melalui kerjasama dengan Doktor Share dan dalam waktu dekat akan dilakukan pelayanan kesehatan berupa bengobatan TBC diwilayah sentani dan sekitarnya.

“Untuk itu pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih kepada ketua pelaksana harian Dokter Share beserta seluruh para medis yang telah peduli terhadap pentingnya kesehatan masyarakat Papua khususnya di wilayah sentani Jayapura,” ujar Kapolda Papua

Pada kesempatan tersebut Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, M.H menyerahkan Piagam Penghargaan kepada, Tokoh pemuda adat Papua Kab. Jayapura Bapak Yanto Eluay, Ondofolo Kampung Sereh Boy Mikael Eluay, Koselo/Kepala suku Kampung Sereh Bapak Amos Ondikleuw, Koselo/Kepala suku Kampung Sereh Bapak Carlos Assa, Koselo/Kepala suku Kampung Sereh Bapak Yosafat Eluay, Koselo/Kepala suku Kampung Sereh Bapak Edison Yoangka.

4ff77628-8636-43b7-9c5f-098fe7765b50

Serta dilanjutkan dengan Penyerahan bantuan alat musik oleh Kapolda Papua kepada perwakilan 7 (tujuh) kampung yang di terimakan kepada, Ondofolo Kampung Sereh Boy Mikael Eluay, Ondofolo Kampung Putali Yoram Monim, Ondofolo Kampung Ifale Jhon Suebu, Ondofolo Kampung Hobong Pit Y Ibo, Ondofolo Kampung Yobeh Bernard Ohee, Ondofolo Kampung Ifar Besar Frans Yoku, Ondofolo Kampung Yoboi Soleman Wally.

Penulis : Marthin

Editor    : Alfian Nur

Publish : Sosra Papua

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password