Ditreskrimum Polda Maluku Gagalkan Penyelundupan 2,9 Ton Batu Sinabar

Tribratanews.polri.go.id – MALUKU, Ditreskrimum Polda Maluku berhasil ungkap penyelundupan 2,9 ton batu sinabar dari tujuh pelaku yang ditangkap di tempat berbeda.

“Penangkapan ini bermula dari adanya informasi terkait adanya transaksi batu sinabar sehingga kami lakukan penyelidikan dan menangkap tujuh orang tersangka,” jelas Direktur Reskrimum Polda Maluku Kombes Pol. Gupuh Setiyono, Rabu (21/3/2018).

Ditreskrimum Polda Maluku mengamankan keenam pelaku berinisial SY, MIK, MY, SK, HK dan AK di atas kapal di perairan Dusun Hulung, Desa Iha, Kabupaten Seram Bagian Barat, Senin (19/3/2018).

Dari hasil pengembangan kasus, kemudian polisi mengamankan RS di rumah AS (DPO) di Dusun Uhe. Pelaku RS merupakan pengusaha asal Jakarta yang bertemu tersangka AK di sebuah hotel di Ambon untuk mencari batu sinabar.

Batu sinabar merupakan batu merkuri yang dikembangkan di Pulau Seram, Maluku.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal pasal 158 dan atau Pasal 161 Undang – Undang Republik Indonesia nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan Mineral dan Batu Bara dan atau Pasal 5 Ayat (1) Jo. Pasal 2 ayat (1) huruf X dan Z Undang – Undang nomor 8 tahun 2010 UU RI Nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan Mineral dan Batu Bara Jo. Pasal 55, 56 KUHP.

(img/lm/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password